Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2023 - 2024

Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2023 - 2024


Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2023 - 2024.  Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB – TKB) merupakan suatu tes yang dikhususkan terhadap jurusan yang akan di ambil oleh pelamar. Biasanya Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB - TKB) ini sangat beragam dan disesuaikan dengan bidang atau jurusan masing-masing, jadi setiap peserta ujian CPNS belum tentu akan mendapatkan tes SKB - TKB yang sama.

Bagiamana jenis-Jenis Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB - TKB)? Sebagaimana diketahui  bahwa  SKB atau TKB merupakan tes tersendiri dan spesifik (khusus), maka tes ini juga memiliki ragam/jenis yang sangat bervariasi, seperti SKB  Bidang Pendidikan (Seperti  Soal Tes SKB - TKB Guru kelas untuk Guru SD dan TK, Soal Tes SKB - TKB Guru Mata Pelajaran untuk  Guru SMP SMA SMK,  SKB Bidang Kesehatan (Misalnya SKB untuk Perawat, SKB untuk Bidang, dll), SKB Agama, SKB Hukum dan masih banyak lagi.

Apakah ada pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk kelas (SD / TK) dan guru mata pelajaran (Guru SMP SMA SMK)? Berdasarkan informasi yang admin terima bagi pelamar umum guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik pada sebagian PEMDA menyatakan tidak perlu SKB. Namun bagi Calon peserta seleksi CPNS guru yang belum memiliki sertifikat pendidik wajib mengikuti mengikuti SKB - TKB Guru Kelas Untuk jenjang TK dan SD) atau SKB - TKB Guru mata Pelajaran untuk jenjang SLTA (SMA MA SMK Sederajat).

Jadi Jika peserta Seleksi CPNS guru SD SMP SMA SMK yang belum memiliki sertifikat profesi harus mengikui SKB TKB Guru Kelas untuk SD, dan SKB TKB Guru mata pelajaran untuk guru SMP SMA SMK.  Maka berdasarkan prediksi  Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB – TKB) Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran tidak akan jauh dari soal Uji Kompetensi Guru (UKG). Soal-soal SKB Guru mata pelajaran tentu tidak akan lepas dari 4 jenis kompetensi guru yang dipersyaratkan yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Jadi jang lupa Anda mempelajari Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Mata Pelajaran baik guru SMP SMA SMK atau sederjat


Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Secara rinci setiap elemen kepribadian tersebut dapat dijabarkan menjadi sub kompetensi dan indikator esensial sebagai berikut: a) Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil. b) Memiliki kepribadian yang dewasa.. c) Memiliki kepribadian yang arif. d) Memiliki kepribadian yang berwibawa. e) Memiliki akhlak mulia dan dapat menjadi teladan.

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Secara substantif kompetensi ini mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kompetensi professional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum matapelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru.

Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru maupun dengan masyarakat dimana ia berada. Sedangkan Kompetensi sosial berkenaan dengan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Untuk menghadapi seleksi CPNS 2018, ada baiknya Calon Guru mempelajari Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2023 - 2024. Berikut ini Link Contoh Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Kelas dan Contoh Latihan Soal Tes SKB - TKB Seleksi CPNS Guru Mata Pelajaran (Guru SMP SMA SMK.




Demikian informasi tentang Latihan Soal Dan Pembahasan TKB CPNS Guru SD SMP SMA SMK.atau Contoh Latihan Soal Tes Seleksi Bidang (SKB) Guru mata pelajaran. Terima kasih, semoga dapat membantu.



Post a Comment

Previous Post Next Post