Latihan Soal Tes CASN CPNS dan CPPK 2023-2024 Pdf

Latihan Soal Tes CASN CPNS dan CPPK 2023-2024 Pdf


Latihan Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf , Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. PNS merupakan bagian pokok dari ASN (Aparatur Sipin Negara), karena di dalam ASN selain terdapat PNS juga terdapat PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Pada sebagian orang, menjadi PNS masih menjadi cita-cita. Untuk mewujudkan cita-cita menjadi PNS, seseorang harus mengikuti Seleksi CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil. Ada informasi yang menggemberikan bahwa pemerintah akan mengadakan seleksi CPNS tahun 2023/2024 nanti. Lalu apa sih yang dimaksud CPNS? Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Saat berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, kompetensi dan kinerja mereka dinilai berdasarkan formasi di saat mereka dinyatakan lulus seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Jika mereka belum memenuhi kriteria penilaian tahap kedua, status calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu. Jika belum memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, mereka dinyatakan gugur atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Sebagai persiapan menghadapi SeleksiTes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf, selain membaca aturan anda juga bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi soal tes CPNS 2023/2024 dan Latihan Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf. Soal-soal latihan tidak sama bahkan jauh dari soal yang sebenarnya, tetapi minimal dapat digunakan sebagai bahan untuk mengukur kemampuan diri. Soal latihan CPNS 2024/2024 seperti soal Cat BKn mungkin juga hanya sekedar melatih cara mengerjakan soal melalui computer. Mengapa perlu berlatih ? karena berdasarkan pengalaman soal CPNS tahun 2024/2024 dipastikan dikerjakan secara online atau dikenal dengan istilah CAT.

Selain mempelajari latihan Seleksi Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf ada baiknya juga Anda mengenal kisi-kisi soal CPNS 2023/2024. Untuk kisi-kisi soal CPNS 2024/2024 sebenarnya anda dapat membaca Permenpan No 20 Tahun 2017 atau Permenpan terbaru lainnya. Karena secara logis soal tes CPNS 2024/2024 tidak akan jauh berbeda dengan soal tes CPNS tahun sebelumnya. Sebagaimana diketahui soal tes CPNS selalu mengacu pada Permenpan tentang Pengadaan CPNS di lingkungan Kementerian/Lembga dan Pemerintahan Daerah. 

Mempelajari latihan Soal Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 - 2024 merupakan suatu yang perlu dilakukan peserta tes CPNS sebelum menghadapi tes penerimaan CPNS. Banyak cara yang dapat dilakukan agar sukses tes CPNS 2024-2024, satu di antaranya dengan latihan soal-soal. Banyak berlatih soal-soal latihan diharapkan dapat membuat nilai tes CPNS 2024/2024 lolos passing grade (nilai ambang batas).

Daftar Kumpulan latihan Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf akan admin paparkan dalam posting ini. Dalam latihan soal CPNS ini meliputi materi tentang Soal Tes CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Soal Tes CPNS Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Soal Tes CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan impian bagi sebagian besar warga negara Indonesia. Selain untuk mengabdi kepada negara, berbagai fasilitas dan standar gaji yang disediakan juga cukup menggiurkan daripada bekerja di tempat atau instansi lain. Mengingat banyak sekali peminat untuk menjadi PNS, para peserta tes CPNS dituntut untuk belajar ekstra giat supaya dapat mengerjakan seluruh tes yang diselenggarakan. Salah satu caranya yaitu dengan sering berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS seperti yang terdapat dalam website ini. Sehingga nantinya diharapkan akan lebih terbiasa dengan model-model soal yang ada dalam tes CPNS. Selain itu juga untuk mengukur kemampuan dalam dalam bidang yang akan diujikan. Dengan berlatih di contohsoalku.com yang bisa langsung dilihat nilainya, kita dapat mengukur diri dibandingkan orang lain apakah termasuk di bawah rata-rata, menengah, atau sudah sangat siap untuk menghadapi Tes Seleksi CPNS.

Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf atau lebih dikenal dengan Soal Seleksi Kompetensi Dasar CASN pada tahun 2024/2024 ini, masih menjadi acuan pemerintah dalam menyeleksi putra putri terbaik bangsa untuk menjadi abdi negara sebagai PNS. Anda dapat belajar dari contoh soal cpns yang ada. Admin mensharrekan Contoh soal cpns 2024 ini lengkap dengan pembahasan beserta tips dan trik dalam menjawabnya.

Sebelum admin berbagi Latihan Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdfberikut ini hal yang perlu Anda ketahui terkait persyaratan Pendaftaran CASN 2024, yakni seuma Warga Negara Indonesia yang berkeinginan dan memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi (Formasi, Jabatan, dll) selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi. Salah satu Syarat Pendaftaran CASN adalah saat mendaftar batas usia pelamar SSCASN Tahun 2024 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun atau maksimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis. Dosen, Peneliti, dan Perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019. Adapun Ketentuan Umum Pelamar yang dapat mendaftar pada Seleksi CPNS 2024, adlah 1) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih; 2) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI; 3) Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; 4) Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI; 5) Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis; 6) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan; 7) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar; 8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

Dokumen yang harus diupload oleh calon peserta dalam Pendaftaran CPNS adalah 1) Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg. 2) Scan Swafoto maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg. 3) Scan KTP maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg. Pelamar dapat mengunggah Surat Keterangan Kependudukan sebagai pengganti KTP untuk syarat pendaftaran CPNS 2024. 4) Scan Surat Lamaran maksimal 300 Kb bertipe file pdf. 5) Scan Ijazah + Serdik/STR maksimal 800 Kb bertipe file pdf. 6) Scan Transkrip Nilai maksimal 500 Kb bertipe file pdf. 7) Scan Dokumen Pendukung lainnya maksimal 800 Kb bertipe file pdf.

Dalam mengupload dokumen persyaratan pendaftaran CPNS, Pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di unggah tidak melebihi dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCASN. Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan, maka secara otomatis file atau dokumen yang Anda unggah akan ditolak oleh sistem.

Bagaimana cara Pendaftaran CPNS ? Pendaftaran CPNS dilakukan melalui portal SSCASN. SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional yang dapat diakses dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id

Berikut ini alur lengkap Pendaftaran CPNS tahun 2024. Pertama, melakukan Daftar Akun, dengan cara Pelamar mengakses Portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id, Buat akun SSCASN, Login ke akun SSCASN yang telah dibuat dan Lengkapi biodata dan unggah swafoto. Kedua, melakukan Daftar Formasi, dengan cara Pilih jenis seleksi, Pilih formasi, Unggah dokumen, Cek resume dan akhiri pendaftaran, Cetak Kartu Informasi Akun dan kartu Pendaftaran Akun. Ketiga,  Seleksi Administrasi. Panitia akan memverifikasi data pelamar, Panitia akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi, Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Administrasi, Panitia mengumumkan hasil sanggah, dan Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan cetak Kartu Ujian.

Keempat, Seleksi Kompetensi Dasar dengan tahapan Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar, Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar, Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Kompetensi Dasar, Panitia mengumumkan hasil sanggah, dan Pelamar yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan proses ke tahap Ujian Seleksi Kompetensi Bidang

Kelima,  Seleksi Kompetensi Bidang dengan tahapan Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang, Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Bidang, Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil Seleksi Kompetensi Bidang. Keenam, Pengumuman Kelulusan dengan tahapan Panitia mengumumkan hasil sanggah Seleksi Kompetensi Bidang (pengumuman ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat), Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan

Materi Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Pada soal Tes CPNS ini, Anda akan mempelajari dan memahami karakteristik soal-soal yang akan Anda temui pada tes CPNS online yang sebenarnya agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)
Tes Wawasan Kebangsaan merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan bagi para peserta seleksi cpns untuk menilai peserta cpns dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
          Pancasila
          Undang-Undang Dasar 1945
          Bhineka Tunggal Ika
          Negara Kesatuan Republik Indonesia

TIU (Tes Intelejensi Umum)
Tes Intelejensi Umum (TIU) merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis yang terdiri:
          Analisa verbal
          Tes sinonim
          Tes antonim
          Tes padanan hubungan kata
          Tes pengelompokan kata
          Analisa numerik
          Tes aritmatik
          Tes seri angka
          Tes seri huruf
          Tes logika angka
          Tes angka dalam cerita
          Analisa berpikir logis dan analitis
          Tes logika umum
          Tes Analisa pernyataan
          Tes kesimpulan silogisme
          Tes logika cerita


TKP (Tes Karakteristik Pribadi)
Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi, materi soal TKP meliputi:
          Integritas diri
          Semangat berprestasi
          Orientasi pada pelayanan
          Kemampuan beradaptasi
          Kemampuan mengendalikan diri
          Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
          Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
          Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
          Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
          Orientasi kepada orang lain
          Kreativitas dan inovasi


Mengapa Harus Berlatih Contoh Soal tes CPNS? Fakta menunjukkan bahwa terdapat banyak peserta yang gagal dalam tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebenarnya mereka mempunyai bakat dan potensi yang memenuhi standar untuk menjadi PNS. Namun, bakat dan potensi yang dimiliki tersebut tidak dapat dipergunakan secara maksimal karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam mengerjakan soal-soal tes penerimaan CASN.

Terkait latihan Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2024-2024 pdf atau soal latihan seleksi CASN tahun 2024/2024. Kali ini admin bagikan beberapa contoh soal yang tentunya hanya untuk memperkaya wawasan (harapannya tentu dapat membantu Anda yang sedang memperispakan diri menghadapai pelaksanaan seleksi CPNS 2023/2024. Sekali lagi contoh soal seleksi CPNS tahun 2024/2024 ini hanya soal latihan. Berikut ini link contoh latihan Soal  CPNS 2024/2024

LINK DOWNLOAD SOAL TES CPNS TAHUN 2023-2024 VERSI TERBARU (DISINI)

Download Contoh Latihan Soal  CASN 2024/2024 versi CAT (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TIU CASN 2023/2024 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TKP 2023/2024 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TWK 2023/2024 (disini)

Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 1 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 2 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 3 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 4 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 5 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 6 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 7 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 8 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 9 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 10 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 11 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 12 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 13 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 14 ---DISINI---
Download Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf – 15 ---DISINI---

Catatan: TIU artinya Tes Intelegsi Umum, TKP adalah Tes Karekateristik Kepribadian dan TWK adalah Tes Wawasan Kebangsaaan.

LINK DOWNLOAD SOAL TES CPNS TAHUN 2023-2024 VERSI TERBARU (DISINI)

Demikian info Latihan Soal Tes CASN CPNS CPPPK 2023-2024 pdf semoga bermanfaat. Selamat berlatih dan mempersiapkan diri secara optimal. Selamat berjuang, semoga sukses….



= Baca Juga =



4 Comments

Previous Post Next Post