BEASISWA DARI YANGZHOU POLYTECHNIC COLLEGE (YPC) UNTUK LULUSAN SMA/SMK

Posted By Aina Mulyana on Thursday, May 11, 2017 | 6:46 AM

Dalam upaya mendorong kerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), khususnya Indonesia, Pemerintah kota Yangzhou melalui Kantor Urusan Luar Negeri (Yangzhou Foreign Affairs Office) menawarkan program internasional  dan beasiswa dari Yangzhou Polytechnic College (YPC).  Program yang ditawarkan bagi pelajar SMA dan mahasiswa Indonesia ini dikhususkan bagi jenjang pendidikan sarjana (S1) dengan masa studi selama tiga tahun (6 semester), dengan dua semester pertama difokuskan pada pendidikan bahasa Mandarin.




Ada lima bidang studi yang ditawarkan, yaitu Bisnis dan perdagangan yang meliputi Manajemen Pariwisata, Hospitality, E-Commerce, Manajemen Logistik dan Akuntansi; Ilmu Sosial, termasuk di dalamnya Kesekretariatan, Jurnalistik dan Pendidikan Kejuruan; Arts, yang meliputi Fashion Design, Desain Interior, dan Environmental Art Design; Teknik, yang mencakup Teknik Industri, Teknik Elektro, Automobile Manufacture, Teknik Arsitektur, Teknik Geologi, Applied Chemical Engineering, Teknologi Pangan, Teknologi Komputer dan Teknologi Pertanian, serta Medical Science yang meliputi Keperawatan, Kebidanan dan Farmasi.

YPC membuka dua kali penerimaan dalam setahun, yaitu di bulan Maret (Kelas Musim Panas) dan bulan September (Kelas Musim Dingin).  Calon mahasiswa yang berminat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
·          Lulus Sekolah Menengah Atas atau sederajat
·          Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan sertifikasi. Bagi calon mahasiswa yang dapat berbahasa Mandarin minimal  HSK 3 tidak diwajibkan untuk mengikuti kelas pendidikan bahasa apabila diterima
·          Memiliki self discipline dan interpersonal skill yang baik serta dapat hidup mandiri
·          Memiliki dukungan finansial yang cukup baik dari keluarga maupun lembaga lainnya.

YPC merupakan perguruan tinggi terbesar yang menawarkan pendidikan profesional di Provinsi  Jiangsu, dengan 15.201 mahasiswa. Ada 22 jurusan yang ditawarkan, termasuk Bisnis, Ilmu Sosial, Sastra, Pendidikan, Keperawatan, Teknik, Tekstil dan pakaian, Pendidikan Fisik, dan sebagainya. Kampus dilengkapi dengan perpustakaan yang memiliki lebih dari 1.480.000 buku, 7,5KGB buku elektronik dan 4.662 jurnal atau majalah. YPC juga menjalin bekerja sama dengan universitas-universitas dari Perancis, Amerika, Kanada dan Korea Selatan.

Saat ini YPC menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing, dengan target utama mahasiswa yang berasal dari Asia Tenggara. Karena adanya komitmen antara kota Yangzhou dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai untuk menjalin persahabatan dan kerja sama, YPC memprioritaskan Indonesia dalam membangun kemitraan di bidang pendidikan.

Yangzhou merupakan salah satu kota utama di Provinsi Jiangsu yang terletak di kawasan timur RRC. Bersama dengan Provinsi Zhejiang dan Kota Shanghai, Provinsi Jiangsu dikenal sebagai salah satu motor ekonomi RRC. Provinsi Jiangsu juga menjadi salah satu tujuan favorit generasi muda dari berbagai negara untuk melanjtkan studi jenjang perguruan tinggi, termasuk dari Indonesia. Saat ini tercatat sekitar 300 orang mahasiswa Indonesia tengah menempuh studi di provinsi tersebut, baik untuk program sarjana, pascasarjana maupun doktoral.

Bagi yang berminat dan memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi KJRI Shanghai dengan Sdr. Braviono Adilaksono dengan alamat surel kjrishanghai@kemlu.go.id atau Kantor Urusan Luar Negeri Pemerintah Kota Yangzhou dengan Ms. Chen Pan di alamat surel pc_wb@yangzhou.gov.cn



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 6:46 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------