PROGRAM BEASISWA KOMINFO 2017 UNTUK PNS (NON GURU DAN DOSEN)

Posted By Aina Mulyana on Saturday, March 25, 2017 | 7:13 AM


Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerja sama dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB membuka kesempatan dan menyediakan beasiswa pendidikan S2 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian dan Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah (kecuali Guru dan Dosen), serta PNS di lingkungan TNI/POLRI.




Program Beasiswa ditujukan khusus bagi aparat pemerintah, baik pejabat maupun calon pejabat struktural dan fungsional, yang tugas dan fungsinya terkait dengan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pendidikan yang diberikan berfokus pada bidang IT Service, Service Computing & Engineering, e-Government, Smart City, Chief Information Officer (CIO), serta bidang Information Security Management dan Information Security Technology. Program Beasiswa ini terdapat pada Program Magister Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, opsi Layanan Teknologi Informasi (LTI) dan Rekayasa dan Manajemen Keamanan Informasi (RMKI).




TUJUAN PROGRAM BEASISWA S2
Program Beasiswa S2 Kominfo diberikan dengan tujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, berkualitas, dan profesional pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), untuk mendayagunakan TIK dalam mewujudkan clean and good governance di lingkungan instansi pemerintah Pusat dan Daerah.

PROGRAM MAGISTER S2 TEKNIK ELEKTRO STEI ITB
OPSI LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI (LTI)

Tuntutan dalam penyelenggarakan layanan pemerintahan berbasis elektronik yang semakin efektif, efisien, dan tepat sasaran, penyediaan solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, serta dengan semakin derasnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya TIK, membuat program pendidikan ini diperlukan untuk menghasilkan manusia yang memiliki landasan ilmu pengetahuan TIK yang kuat, ditambah kemampuan adaptasi yang baik sejalan dengan perkembangan TIK yang cepat dalam rangka mengembangkan layanan TIK dalam organisasi pemerintahan dan solusi cerdas bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Pendidikan pada program LTI ini berfokus pada penguasaan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi IT Service, Service Computing & Engineering, e-Government, Smart City, dan Chief Information Officer (CIO).

Pada Program S2 LTI, mahasiswa belajar untuk memiliki kompetensi:
1.     Seorang inovator yang mampu menjadi tulang punggung penyelenggara pemerintahan dalam mengidentifikasi, merancang, mengembangkan, hingga implementasi dan pengelolaan layanan TIK yang diperlukan sesuai dengan tujuan bisnis organisasi.
2.     Seseorang yang memiliki pondasi kuat tentang sistem, teknologi dan manajemen TIK, yang mampu memimpin suatu transformasi dengan menggerakkan berbagai sumber daya organisasi secara efektif.
3.     Seseorang yang mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, merancang solusi dan mengimplementasikannya menuju kota dan komunitas yang cerdas (smart city and community).

PROGRAM MAGISTER S2 TEKNIK ELEKTRO STEI ITB
OPSI REKAYASA DAN MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI (RMKI)

Sistem keamanan siber nasional perlu dibangun secara komprehensif, mengingat teknologi informasi memiliki peranan besar sebagai enabler bagi perkembangan dan daya kompetitif sebuah negara. Untuk itu, kapabilitas negara perlu dibangun untuk menjamin keamanan siber dalam berbagai aspek, meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, ketahanan dan keamanan nasional.

Program S2 RMKI bertujuan untuk peningkatan kapabilitas SDM yang matang dalam rangka peningkatan kesadaran akan resiko beraktivitas di dunia cyber, persiapan SDM yang capable dalam mendukung keamanan siber nasional, serta pengembangan dan pemeliharaan cybersecurity workforce yang kompetitif dan mampu bersaing secara global.

Pada program S2 RMKI, mahasiswa belajar untuk memiliki kompetensi:
1.     Kemampuan dalam bidang information security management dan information security technology yang berkualitas tinggi.
2.     Berkiprah dalam bidang keamanan informasi baik di pemerintahan, industri, penegak hukum, angkatan bersejata dan akademis.

KURIKULUM
Pendidikan S2 LTI dan S2 RMKI memiliki beban 36 (tiga puluh enam) SKS, yang dilaksanakan dengan durasi 3 (tiga) semester selama 18 (delapan belas) bulan. Kompetensi mata kuliah terbagi dengan beban 30% teknikal, 30% manajerial dan 40% kompetensi khusus.

Mata Kuliah S2 LTI: Sistem dan Manajemen Teknologi Informasi, Tata Kelola dan Pengukuran Kinerja TI, Perencanaan Strategis TI, Jaringan Informasi dan Sosial, Pengembangan Aplikasi Berorientasi Objek, Service Oriented Architecture, Manajemen Layanan TI, Manajemen Pengembangan Aplikasi, Manajemen Resiko TI.

Mata Kuliah S2 RMKI: Manajemen Keamanan Informasi, Kriptografi dan Aplikasi, Keamanan Komputer dan Jaringan, Manajemen Resiko Keamanan Informasi, Keamanan Perangkat Lunak, Keamanan Sistem Operasi, Digital Forensic & Computer Crime, Security Operations & Incident Response. Information Security Audit.

KONTAK DAN INFORMASI
Sekretariat Program Beasiswa Kominfo STEI ITB
d/a. Kelompok Keahlian Teknologi Informasi
Laboratorium Sinyal dan Sistem
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – ITB
Gedung Achmad Bakrie (Gedung Labtek VIII) Lt.3
Jl. Ganesha No. 10, Bandung 40132
Telp/Fax: 022-2500985
Kontak: Meisa Trinuranni C.H
Email: mti@stei.itb.ac.id






= Baca Juga =



Blog, Updated at: 7:13 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------