MA TOLAK PEMOHONAN KASASI MENPORA TERKAIT PEMBEKUAN PSSI

Posted By Aina Mulyana on Wednesday, March 9, 2016 | 4:03 AM

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) berikan peringatan terhadap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Iman Nahrawai agar segera memenuhi pututsan dari Mahkamah Agung (MA) terkati dengan kasasi yang sebelumnya diajukan oleh Menpora.
MA telah menolak kasasi yang diajukan oleh pihak menpora tentang tidak diakuinya kegiatan keolahragaan PSSI. Maka dengan ditolaknya kasasi yang telah diajukan tersebut, Menpora tentunya harus segera mencabut surat keputusan pembekuan PSSI.
Sementara itu Direktur Hukum PSSI Aristo Pangaribuan mengingatkan kembali bahwa Menpora hanya memiliki waktu hingga 21 hari untuk segera mencabut surat keputusan pembekuan PSSI yang telah dikeluarkan pada 17 April 2015



Namun Aristo menamahkan jikakalau memang dalam waktu yang telah diberikan tersebut mnepora tak juga mencabut surat keputusan, maka secara otomatis juga akan gugur mengingat ada putusan MA.
Selain itu, jika memang Menpora tak mau memenuhi pututsan MA, Aristo mengatakan ada dua sanksi yang telah menunggu Menteri Imam. Sanksi pertama yang akan dikenakan ialah berupa sanksi administrasi berupa teguran dari atasan, sanksi ini juga telah tertera dalam Pasal 166 Undang-Undang Pengadilan Tata Usaha Negara.
Selanjutnya yang kedua ialah sanksi berupa pidana kurungan 4 bulan, dan Imam juga diharuskan untuk membayar uang paksa sebagai pengganti kerugian dari PSSI. Sanksi ini juga telah tertera dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Pasa 216.
Sementara terkait dengan putusan MA agar  Menpora segera mencabut surat keputusan pembekuan PSSI karena kasasinya ditolak, saat ini Menteri Imam tengah mempertimbangkan mengajukan peninjauan kembali.
Iamam menilai jika upaya tersbeut bukan berarti tak menghargai putusab dari MA yang memang telah menolak kasasi yang diajukan, melainkan bagian dari upaya penggunaan hak hukumnya.
Aristo menanggapi hal tersebut dengan santai, bahkan ia juga tak mempermasalahkan jika Menteri Imam mengajukann peninjauan kembali. Namun demikian menurutnya hal tersebut tak akan menggugurkan eksekusi putusan penolakan kasasi oleh MA.
Ia juga mengungkapkan bahwa ini merupakaknb momentum dimana PSSI dan pemerintah bisaduduk bersama, maka dari itu tak perlu sebenarnya ada kajian kembali.
Diketahui bahwa MA memutuskan menolak kasasi yang diajukan Menteri Pemuda dan Olahraga soal gugatan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terhadap Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 01307.
Sementara itu, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP mengatakan bahwa putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi atas putusan banding Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta dapat berdampak pada sanksi pembekuan PSSI.
Menurut Johan, Menpora akan merespons putusan tersebut.
"Itukan tentu Kemenpora yang akan menindaklanjuti. Ini kan putusan dari sisi hukum, tapi ini tentu bisa mengubah keputusan-keputusan yang sebelumnya sempat soal pembekuan dan sebagainya," kata Johan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/3/2016).
MA memutuskan menolak pengajuan kasasi Menpora atas putusan banding PTUN Jakarta Timur, Senin (7/3/2016). |
Dikutip dari Tribunnews, putusan itu dibacakan oleh majelis hakim MA, yang dipimpin majelis hakim I Hary Djatmiko serta beranggotakan majelis hakim Irfan Fachruddin dan Yulius.
Kasasi Menpora didaftarkan ke MA pada 2 Februari 2016 dengan nomor 36K/TUN/2016.
Sebelumnya, PTUN Jakarta Timur mengabulkan seluruh gugatan PSSI terhadap Menpora.
Kala itu, hakim Ujang Abdullah membacakan putusan Surat Keputusan (SK) Menpora Imam Nahrawi yang telah membekukan seluruh aktivitas PSSI dianggap tidak sah.
Konflik Menpora dan PSSI berawal dari tindakan induk sepak bola nasional yang menyetujui Arema Cronus serta Persebaya Surabaya untuk berlaga dalam Liga Super Indonesia 2015 pada 4 April lalu.
Dalam persyaratan mengikuti kompetisi padahal kedua tim tersebut dinyatakan tidak lolos verifikasi melalui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).
Menpora kemudian menggunakan haknya untuk mengeluarkan SK pembekuan terhadap PSSI pada 17 April 2015.

Hasil pembekuan PSSI berujung jatuhnya sanksi dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang tidak diperbolehkan ikut dalam ajang internasional.



BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 4:03 AM

0 comments:

Post a Comment

-----------------------------------------