ILMUWAN NASA MENEMUKAN AIR MENGALIR DI PERMUKAAN MARS

Posted by INFO PUBLIK on Wednesday, December 16, 2015



Pada akhir September 2015, ilmuwan NASA menemukan air mengalir di permukaan Mars. Ini mungkin merupakan terobosan dalam pencarian kehidupan di luar Bumi dan harapan manusia untuk pergi ke sana suatu hari nanti.

Badan Antariksa Amerika (NASA) mengumumkan para ilmuwan mereka telah berhasil menemukan sumber air di Planet Mars. Bahkan, mereka telah membuktikan bahwa air dari waktu ke waktu mengalir di permukaan planet merah tersebut hingga saat ini.

Studi tentang Mars yang terbaru ini dipaparkan oleh para ilmuwan NASA di sebuah konferensi pers di Washington, Senin 18 September 2015. Mars bukan planet yang kering dan gersang seperti yang kita perkirakan di masa lalu," tutur Jim Green, Direktur Ilmu Planet NASA kepada para wartawan.




"Di bawah kondisi-kondisi tertentu, cairan ditemukan di bawah Mars."

NASA juga menjelaskan bahwa beragam jenis garam diidentifikasi di selokan-selokan, yang bersama es yang mencair jadi bisa mengalir.

Keberadaan carian di Mars membuktikan bahwa planet tersebut masih aktif secara geologis dan sekaligus sedikit meningkatkan kemungkinan bahwa Mars menampung organisme kehidupan yang sederhana.

Para ilmuwan selama ini memang menduga ada air yang mengalir di Mars namun masih tertanya-tanya bagaimana cairan bisa mengalir di permukaannya karena termperatur yang berada di bawah 0' Celcius.
Hasil pengamatan selama 15 tahun belakangan atas selokan-selokan dan permukaan lapisan yang berubah sesuai dengan musim, meningkatkan dugaan cairan mengalir di Mars.

Penemuan ini sekaligus memberi harapan dapat menemukan kehidupan di permukaan planet tersebut.

“Keberadaan air dalam bentuk cair memberikan kemungkinan kepada adanya kehidupan di Planet Mars,” kata juru bicara NASA, John Grunsfeld.

Para peneliti NASA menggunakan gambar yang dikirim oleh Mars Reconnaissance Orbiter untuk menganalisis efek aliran air yang muncul berdasarkan musim di beberapa daerah permukaan planet tersebut.

Sebelumnya para ilmuwan hanya bisa mengkonfirmasi air pernah pada masa lalu membanjiri permukaan Mars sebelum atmosfer planet itu terlalu panas untuk bisa terus mempertahankan air di permukaan.

Namun NASA masih tidak dapat menjelaskan, dari mana air itu datang – hanya memberikan teori yang mungkin berasal dari es yang mencair atau mata air dari bawah tanah.

“Ia masih lagi satu fenomena yang misterius bagi kita semua,” kata ilmuwan terkemuka Program Eksplorasi Mars NASA, Michael Meyer.
Belum diketahui pasti, apakah air tersebut berasal dari atmosfer Mars yang tipis, atau berasal dari sumber es yang meleleh di bawah permukaan. Dari manapun sumbernya, keberadaan air, meskipun hanya musiman, memunculkan kemungkinan bahwa Mars, yang semula disangka dingin dan mati, dapat mendukung kehidupan.
Namun, air bukan satu-satunya unsur pendukung kehidupan. Para ilmuwan membutuhkan informasi lebih banyak soal zat kimia yang terkandung dalam air tersebut.

Terlepas dari itu, sepekat apapun kadar garam, atau kadar zat kimia yang terkandung dalam air, dapat memberikan harapan bagi misi perjalanan masa depan menuju Mars. NASA menargetkan untuk mendaratkan astronotnya di Mars pada pertengahan era 2030-an.

"Mars memiliki sumber daya yang amat berguna bagi petualang masa depan," kata Grunsfeld.

"Air amat krusial karena kita membutuhkan air untuk minum, dan oksigen untuk bernafas," sambungnya.


Air dapat dipecah-pecah menjadi komponen molekul hidrogen dan oksigen untuk memproduksi bahan bakar roket. Dengan demikian, para astronot bisa menerbangkan kembali roket mereka ke Bumi.




Blog, Updated at: 4:27 AM

1 comments:

  1. Menyambut meriah nya suasana natal, Bandarqiu[dot]com memberikan promo bonus deposit 10% untuk semua new member bandarqiu. Silahkan klik link ini untuk daftar http://goo.gl/HvtVaH .
    Dan juga terdapat bonus RakeBack 0.3% juga bonus Referral 20% untuk sahabat bandar yang akan di bagikan 2x dalam seminggu, hari Senin dan Kamis.

    Games :
    - BandarQ
    - Capsa
    - AduQ
    - Poker
    - Domino


    Keunggulan kami :
    - MINIMAL DEPO DAN WITHDRAW HANYA 25 RIBU SAJA.
    - 5 GAMES DALAM 1 ID.
    - BISA DI MAINKAN DI GADGET KESAYANGAN ANDA.
    - KEAMANAN DATA PLAYER TERJAMIN.
    - PROSES DEPO DAN WD YANG MUDAH.
    - NO ROBOT, PLAYER VS PLAYER (Dikarenakan anda sendiri yang menjadi bandar)
    - DI DUKUNG OLEH SISTEM ACCOUNT BALANCE (SALDO TIDAK AKAN EROR)
    - PROSES DEPO DAN WD YANG CEPAT.

    Buruan tunggu apalagi, tunjukan kemampuan dan ketangkasan anda bersama kami. Dan raih jackpot sampai dengan total 60juta RUPIAH. Segera daftar dan bergabung bersama kami.

    LIVE CHAT 24/7 NONSTOP MELAYANI ANDA SEMUA

    YM : bandarQQ_cs@yahoo.com
    PIN BB : 58AFCBA2
    FACEBOOK : BandarQiu

    ReplyDelete

Cari Info Tulis di Sini

---------------------------------

---------------------------------

RADIO ELSHINTA

Live Streaming Radio Elshinta

---------------------------------

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

CEK SKTP

CB