LIMA TAHUN TAK BERKEMBANG, DAERAH OTONOMI BARU (DOB) DIKEMBALIKAN KE INDUK

Posted By SUMEGA MEWA on Tuesday, November 17, 2015 | 9:16 AM



Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencanangkan waktu 3 tahun masa persiapan untuk daerah otonomi baru. Bila belum juga berkembang rencanannya akan ada tambahan waktu.




Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono mengatakan, proses daerah persiapan itu ada 3 tahun. Namun bila belum berkembang, akan ada tambahan waktu 2 tahun untuk antisipasi DOB gagal.

“Kalau belum berhasil pembinaan satu tahun. Belum juga tambah setahun lagi. Kalau sudah ditambah tak berkembang, kembali ke induknya, tidak jadi DOB,” kata Sumarsono, Selasa (17/11).

Menurut dia, pemekaran itu harus melihat kondisi secara riil di masyarakat. Sebab, tidak semuanya berujung pada kesejahteraan dengan pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

Banyak cara lain diintensifkan antara lain efektivitas pembangunan dan penajaman perencanaan. Menurut dia, pemekaran bukan satu-satunya cara untuk mensejahterakan warga.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, tujuan pemekaran daerah adalah untuk sejahterakan masyarakatnya. Bukan sekedar kepentingan kelompok.

“Jadi kalau mau pemekaran itu harus dilihat dulu, bagaimana masyarakatnya, pembangunan daerah. Setelah itu, ada lagi hal-hal pokok seperti persetujuan pemerintah dan DPR,” ujar dia.


http://www.kemendagri.go.id/




Blog, Updated at: 9:16 AM

0 comments:

Post a Comment

-----------------------------------------