LOMBA CIPTA CINDERAMATA NUSANTARA

Posted By Aina Mulyana on Friday, September 11, 2015 | 10:20 AM

Kemampuan kreatif mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang lebih berharga perlu dimiliki oleh masyarakat, terutama dengan tingkat produksi  barang bekas yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Misalnya barang bekas plastik, di Indonesia banyak penjual makanan di warung-warung yang menggunakan tempat plastik sekali pakai saja, kondisi ini jika terus menerus terjadi akan menambah jumlah sampah. Apalagi plastik adalah bahan yang sulit diurai sehingga berpotensi merusak lingkungan.



Mengolah barang bekas menjadi suatu barang yang dapat dimanfaatkan kembali akan memberi nilai tambah pada barang tersebut. Hasil kreasi barang yang bernilai seni akan lebih disukai dibandingkan barang bekas yang biasa biasa saja. Kemampuan mendaur ulang barang bekas menjadi barang berharga sangat penting dimiliki oleh para perajin daur ulang dan masyarakat pada umumnya. Untuk itu pemerintah perlu memberi ruang kreatif agar masyarakat bisa memanfaatkan barang bekas dan melakukan inovasi-inovasi di bidang seni daur ulang.
Membuat cinderamata  dari bahan daur ulang ( bekas ) selain dapat menghasilkan karya yang kreatif juga membantu menyelamatkan lingkungan. Oleh sebab itu Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Lomba Cipta Cinderamata Nusantara. Lomba ini dilakukan untuk menggali kreatifitas masyarakat Indonesia, sekaligus sebagai salah satu wujud usaha pelestarian lingkungan.
Ajang ini juga diharapkan mampu meningkatkan kecintaan dan kepedulian generasi muda terhadap pelestarian cerita rakyat Indonesia. Pada jangka panjang, lomba ini diharapkan dapat menciptakan budaya masyarakat Indonesia yang kreatif dalam mendaur ulang sampah/barang bekas dan memiliki kepedulian terhadap lingkunga

PETUNJUK TEKNIS LOMBA CIPTA CINDERAMATA NUSANTARA
TEMA : “Cipta Kreasi Cinderamata Nusantara Berbahan Daur Ulang”
Lomba terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang berusia 13 – 25 tahun.
Karya yang dilombakan dalam bentuk produk cinderamata berbahan daur ulang disertai dengan deskripsi karya mencakup : Judul, konsep, teknik/cara pembuatan, fungsi, dan identitas diri sebanyak 1 halaman A4 mencakup deskripsi dan foto karya.
Bahan dasar karya yang dilombakan adalah : PLASTIK ; ( botol, kantong plastik / kresek, dan gelas plastik), KERTAS ; ( koran, majalah, kardus, dan kertas bekas ), KAIN / SERAT ; ( perca, karung, rumput, dan daun ), KAYU ; ( Serbuk / serutan gergaji dan bambu ), KARET ; ( sandal, sepatu,dan ban ), PECAHAN ; ( keramik, gelas, dan bohlam ).
Ukuran karya yang diserahkan 3D maksimal : 30 x 30 x 30 cm, dan 2D maksimal : 50 x 50 cm.
Karya yang di buat harus mengutamakan kontens kearifan lokal ( bercirikan daerah / budaya setempat ) dan dapat menjadi ciri khas cinderamata daerah tersebut.
Karya merupakan hasil karya sendiri ( perorangan ) dan bukan karya plagiat.
Lomba terdiri atas 2 kategori : Kategori 1: Usia 13-18 tahun, dan kategori 2 : Usia 19-25 tahun.
Karya yang dilombakan belum pernah mendapatkan penghargaan apapun.
Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya per kategori.
Peserta lomba wajib memfollow twitter @budayasaya, like fan page “Kebudayaan Indonesia” dan instagram @budayasaya.
Karya cinderamata dikirimkan ke alamat :
Subdit Pembinaan Seni Rupa, Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Kompleks Kemdikbud, Gedung E Lantai 9, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan-Jakarta.
Karya peserta paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 2 Oktober 2015 (cap pos).
Seluruh karya peserta akan dikembalikan setelah kegiatan selesai. Hak Cipta melekat pada peserta lomba. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diberikan hak untuk mempublikasikan demi kepentingan non komersil.
Panitia berhak mendiskualifikasi peserta sebelum dan sesudah seleksi apabila dianggap melakukan kecurangan.
Lomba akan memilih masing-masing 10 nominator setiap kategori, dan akan di panggil untuk mempresentasikan hasil karya masing-masing.
Peserta wajib hadir untuk mempresentasikan karyanya masing – masing ( tidak dapat diwakilkan ).
Pemenang akan diumumkan oleh Dewan Juri pada tanggal 29 Oktober 2015 di Bandung.
Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Penyerahan piala dan hadiah kepada para pemenang pada tanggal 29 Oktober
Pajak hadiah ditanggung pemenang.
Panitia akan menanggung biaya transportasi (dari daerah asal ke Bandung P.P) transportasi lokal, akomodasi dan konsumsi selama 3 hari untuk peserta yang terpilih sebagai nominator.
Hadiah untuk masing-masing kategori :
Juara I                             : Rp. 15.000.000,-
Juara II                            : Rp. 12.000.000,-
Juara III                           : Rp. 10.000.000,-
Juara Harapan I             : Rp.   8.000.000,-
Juara Harapan II           : Rp.   5.000.000,-
Koordinasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Anita : 081287002592, Soraya: 081281588528,

Email : senirupa.pkp@gmail.com



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 10:20 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------