CONTOH FORMULIR LAPORAN HARTA KEKAYAAN APARATUR SIPIL NEGARA BAGI PNS ATAU ASN

Posted By Aina Mulyana on Monday, April 27, 2015 | 7:09 AM


Menpan RB sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 1 Tahun 2015 tentang kewajiban setiap aparatur negara ASN atau PNS untuk melaporkan harta kekayaannya, jika dulu hanya tertuju pada pejabat tinggi Negara.  Apabila pada era sebelumnya kewajiban laporan hanya pada pejabat Negara, sekarang semua ‎Aparatur Sipil Negara ASN atau PNS juga wajib Laporan Harta Kekayaan Negara. Adapun perbedaannya apabila Pejabat Negara wajib lapor harta kekayaan kepada KPK, tetapi untuk ASN cukup melaporkan harta kekayaan kepada pimpinan instansi pemerintah masing-masing.


Menurut Yuddy, semua ASN / PNS harus bersedia melaporkan hartanya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih."Sebagai aparatur memiliki kesediaan melaporkan apa-apa saja milik kita dan pencegahan preventif dari penyalahgunaan kewenangan," urai dia.



Sebagaimana diketahui sesuai surat edaran Menpan RB Nomor 1 Tahun 2015, Selain pejabat yang memiliki kewajiban Laporan Harta Kekayaan Negara kepada KPK.  seluruh pegawai ASN / PNS secara  bertahap dimulai  dari  pejabat setingkat  Eselon  III, IV dan V untuk  menyampaikan  Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) kepada pimpinan instansi pemerintah masing-masing dengan ketentuan:
a.  Menggunakan format pelaporan sebagaimana terlampir;
b.  Laporan tersebut disampaikan paling lambat
-  3 (tiga) bulan setelah kebijakan ditetapkan;
-  1 (satu) bulan setelah pejabat tersebut diangkat dalam jabatan, mutasi atau promosi;
-  1 (satu) bulan setelah berhenti dari jabatan.

Untuk Anda yang ingin mengetahui  Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah serta Contoh Formulir Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara, Pernyataan dan Tata Cara Pengisiannya silahkan klik link download di bawah ini.





= Baca Juga =



Blog, Updated at: 7:09 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------