DOWNLOAD SURAT EDARAN MENPAN NO 1 TAHUN 2015 TENTANG PNS WAJIB LAPOR HARTA KEKAYAAN

Posted By Aina Mulyana on Sunday, February 1, 2015 | 10:12 AM



Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi, dalam acara 100 Hari Penilaian Kerja di Jakarta pada tanggal  27 Januari 2015 menyampaikan informasi bahwa dalam mulai tahun 2015 seluruh PNS baik daerah maupun instansi pusat wajib melaporkan jumlah harta kekayaannya. Ini menyusul telah diterbitkannya Surat Edaran Menpan No 1 tahun 2015 dari Kemen PAN-RB tentang Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).

Berdasarkan surat edaran tersebut dinyatakan bahwa:
1. Menetapkan wajib lapor kekayaan bagi pejabat yang memangku jabatan strategis  dan  rawan  KKN,  para  pengelola  anggaran  dan  panitia pengadaan  barang  dan  jasa  untuk  menyampaikan  Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK);
2.  Menetapkan wajib lapor kepada seluruh pegawai ASN selain pada butir 1. secara  bertahap dan dimulai  dari  pejabat setingkat  Eselon  III, IV dan V untuk  menyampaikan  Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) kepada pimpinan instansi pemerintah masing-masing dengan ketentuan:
a.  Menggunakan format pelaporan sebagaimana terlampir;
b.  Laporan tersebut disampaikan paling lambat:
-  3 (tiga) bulan setelah kebijakan ditetapkan;
-  1 (satu) bulan setelah pejabat sebagaimana dimaksud pada butir 2  tersebut diangkat dalam jabatan, mutasi atau promosi;
-  1 (satu) bulan setelah berhenti dari jabatan.

Adapun mekanisme pelaporan,  nantinya setiap PNS akan melaporkan harta kekayaannya kepada internal inspektorat masing-masing instansi. Untuk memudahkan, laporan dibuat dalam format sederhana, hanya 2 halaman. Selanjutnya Laporan itu lalu dilanjutlan ke KPK.


Sedangkan untuk PNS daerah teknis pelaporan ke KPK, Yuddi mengatakan akan dibuatkan format online nya. Bagi Adna yang membutuhkan Surat edaran dan Contoh Format laporan silahkan klik link di bawah ini.




Blog, Updated at: 10:12 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------