DOWNLOAD POS UN 2015 DAN PERMENDIKBUD NO 5 TAHUN 2015 TENTANG KRITERIA KELULUSAN

Posted by INFO PUBLIK on Friday, March 13, 2015



Setelah cukup lama menunggu diterbitkannya  Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional akhirnya pemerintah secara resmi merilis POS UN 2015 sekaligus menerbitkan peraturan baru tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan Pada SMP/MTs atau Yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau Yang Sederajat.
POS UN 2015 ini tertuang dalam Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0031/P/BSNP/III/2015 sedangkan Kriteria Kelulusan Peserta Didik tertuang dalam Permendenikbud No 5 Tahun 2015

Berdasarkan POS UN 2015, antara lain dinyatakan:
1.     Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah: 
           a)  menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
           b)  memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
2.     lulus Ujian S/M/PK Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan formal ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru.
3.     Kelulusan peserta didik dari pendidikan kesetaraan untuk Program Paket B/Wustha dan Program Paket C ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui rapat pleno dengan melibatkan perwakilan dari satuan pendidikan nonformal.
4.     Peserta didik dinyatakan lulus Ujian S/M, SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA/SMAK/SMTK, SMALB, dan SMK/MAK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M.
5.     Kriteria kelulusan perserta didik dari Ujian PK untuk semua mata pelajaran ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui rapat bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
6.     Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 3 diperoleh dari:
a.   Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I, II, III, IV, dan V untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50%  sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
b.   Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester III, IV, dan V untuk SMA/MA/SMAK/SMTK, dan SMALB dengan pembobotan 30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50%  sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
c.   Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I,  II, dan III untuk peserta yang menggunakan sistem kredit semester (SKS) dan dapat menyelesaikan program kurang dari tiga tahun.
d.   Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I sampai semester V untuk SMK/MAK dengan pembobotan 30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50%  sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
e.   Nilai S/M yang dikirimkan ke Panitia UN Tingkat Pusat harus diverifikasi oleh Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota dan Tingkat Provinsi, dan tidak dapat diubah setelah diterima oleh Panitia UN Pusat.




Blog, Updated at: 8:40 AM

1 comments:

  1. Dari mana sumber nya gan?
    saya cek di web resmi BSNP belum ada rilis DRAF yg beginian tuh...

    ReplyDelete

Cari Info Tulis di Sini

---------------------------------

---------------------------------

RADIO ELSHINTA

Live Streaming Radio Elshinta

---------------------------------

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

CEK SKTP

CB