MASALAH POS UN 2015 DAN BENTUK SOAL UN 2015 ESSAY

Posted by INFO PUBLIK on Monday, January 26, 2015



Warning! buat siswa siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang akan mengikuti Ujian Nasional 2015 atau UN 2015. Sekalipun POS UN 2015 atau POS Ujian Nasional 2015 belum resmi diterbitkan. Ada informasi penting terkait Ujian Nasional 2015 atau UN 2015 yang dirilis Republika.Co.Id yang menyatakan bahwa Soal Ujian Nasional (UN) 2015 dirancang sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mendorong para peserta didik berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan mendalam.

"Peserta tidak lagi dituntut untuk menghafalkan, namun memahami dan menganalisanya. Oleh karena itu, soal dibuat tidak lagi dalam bentuk check point (pilihan ganda) namun, dengan menganalisa dan menuliskan jawabannya,” jelas Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Prof Nizam, Senin 26 Januari 2015.

Selain itu, Ujian Nasional atau UN pada tahun ini, ujarnya, tidak diberlakukan lagi 20 paket. Melainkan, lima paket dalam satu ruangan.

Pernyataan Soal UN 2015 tak lagi pakai pilihan ganda ini sesungguhnya cukup mengejutkan, karena akan berimplikasi pada model pengkoreksian lembaran jawaban. Namun, kepastiannya kita tunggu POS Ujian Nasional 2015 atau POS UN 2015 yang rencana mulai minggu ini akan dipublikasikan oleh pemerintah.



Blog, Updated at: 8:30 AM

22 comments:

  1. Alangkah baiknya kalau soal UN tetap 20 paket, karena hal ini akan lebih mendidik peserta didik untuk mandiri dan mengurangi kemungkinan untuk terjadinya kecurangan.

    ReplyDelete
  2. Lha klau bukan pilihan ganda, bgmn cara meriksanya ? harus manual lg ? butuh waktu brp lama ? ingat pengumuman kelulusan tgl 18 mei...

    ReplyDelete
  3. Kl 20 paket emg sebenrnya buat apa sih? Biar ga nyontek? Pemerintah aja menanamkan mindset yg buruk dgn ga percaya sm muridnya jadi gmn mau maju kl percaya aja ga bs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang jujur.. ga usah takut.. tiap anak beda juga ga masalah.. memang tak bisa dipungkiri kejujuran masalah utama di negeri ini.. lha wong 20 paket saja masih bs di akalin buat nyontek..

      Delete
  4. apa maunya pemerintah ini.. bikin kami takut dan bingung

    ReplyDelete
  5. aah........... kagak nerima

    ReplyDelete
  6. masih mending 20paket -____- ga setuju banget dah klo essai 😢

    ReplyDelete
  7. Serius bikin stres,, yang ada makin banyak yg ga lulus -___-

    ReplyDelete
  8. Kenapa SMA hanya 3 hari? 1 hari 2 mapel itu terlalu berat !!!!!!!!!

    ReplyDelete
  9. Bagaimana mau menerapkan CBT, sementara Pengerjaan POS UN 2015 yang tidak ada perubahan saja terlambat, apalagi kalau perubahan besar-besaran. ....

    ReplyDelete
  10. Mosok pos un sd saat ini blm ada?????

    ReplyDelete
  11. Pos un mn, ingin tau soalnya pilgan apa essay

    ReplyDelete
  12. Apaan!! Siswa bagaikan budak yang harus mengerjakan sial sebegitu rumit dan membingungkan! Apa tidak ada cara yang lain hanya untuk lulus sekolah?

    ReplyDelete
  13. Mau essay, mau pilihan ganda un nya ngak masalah kami siap ngikutin aturan pemerintah !

    ReplyDelete
  14. UN harus di tinjau ulang, carilah format lain yang lebih mendidik,dan bijaksana.jangan merampas hak guru!

    ReplyDelete
  15. butuh waktu berapa jam kalo soalnya essay? kalo kayak ini kitanya yang stress

    ReplyDelete
  16. Apa manfaatnya UN essay jika berdampak pada psikis dan mental anak , bagi yang pintar pasti bakalan belajar secara ekstra dan bakalan menekan kemampuan mereka secara berlebihan itu bisa saja membuat mereka gampang stress dan bagi yang kurang paham pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk curang bayangkan di sma saja sudh brani tak jujur bagaimana kalau sudah kerja nanti yang pasti bakal rusak negri ini .coba kalian hidup di zaman kami yang semuanya serba rumit dan sulit seperti ini apakah sanggup. . ?

    ReplyDelete
  17. Jangankan un, soal TO kemarin aja banyak jawaban essay siswa yang kosong, semua mapel 60 soal dikerjakan dalam waktu 2 jam, apa tidak memberatkan siswa namanya???

    ReplyDelete
  18. Mana mungkin lah esai, orang jugak di tiap sekolah udah di umumin gimana peraturan/aturan mainnya UN tahun ini, jangan mudah percaya info2 ygbeginian 😌

    ReplyDelete

Cari Info Tulis di Sini

---------------------------------

---------------------------------

RADIO ELSHINTA

Live Streaming Radio Elshinta

---------------------------------

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

CEK SKTP

CB