DAYA TAMPUNG SNMPTN 2015 SEBANYAK 152.000 KURSI

Posted by INFO PUBLIK on Saturday, January 24, 2015



Ketua Umum SNMPTN 2015 Rochmat Wahap menyampaikan dari 63 PTN yang menggunakan jalur SNMPTN 2015 disediakan 152.000 kursi bagi calon mahasiswa , setara 50 % dari total keseluruhan kursi PTN yaitu 304.000 kursi, dengan rincian 124.450 kursi diisi oleh pendaftar SNMPTN, lalu diberikan kesempatan juga kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu melalui program bidik misi dan calon mahasiswa dari daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) sebanyak 27.225 kursi.


Sisa dari 50 % dari daya tampung calon mahasiswa baru PTN dibagi menjadi dua, yaitu 30% melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 20 % nya melalui jalur Ujian Mandiri (UM) pada setiap PTN. Pada proses penyeleksian SNMPTN 2015 masih sama dengan proses seleksi pada tahun lalu, hanya saja dilakukan beberapa berbaikan sistem.

Proses pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 dimulai hari ini, Kamis 22 Januari. Prosesnya dimulai dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Berdasarkan lembar informasi yang disampaikan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2015 di Bali, seleksi ini dibuka untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada 2015 yang mengikuti ujian nasional (UN).

“Selain itu, harus memiliki nomor induk siswa nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS serta memiliki nilai rapor semester I hingga V atau sampai semester VII bagi SMK/MAK empat tahun yang telah diisikan pada PDSS,” ujar Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Diponegoro (Undip), Profesor Hertanto, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Kamis (22/1/2015).

Ia melanjutkan, peserta diperbolehkan memilih maksimal dua perguruan tinggi negeri (PTN). Dengan ketentuan, jika memilih dua PTN, maka salah satunya harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. "Untuk pemilihan program studi (prodi), peserta dapat memilih maksimal tiga prodi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi," ucapnya.

Hertanto melanjutkan, SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademis dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. 

“Pendaftar tidak dipungut biaya apa pun alias gratis,” ungkapnya. Selain itu SNMPTN 2015 juga menampung mahasiswa baru (maba) untuk setiap prodi paling sedikit 50 persen dari daya tampung. Adapun Jumlah PTN yang mengikuti SNMPTN tahun ini sebanyak 63 PTN.

Mengenai pendaftaran, nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui PDSS di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk pendaftaran prodi PTN melalui laman web.snmptn.ac.id. jika sekolah mengalami kesulitan dapat mengunjungi laman halo.snmptn.ac.id


Sumber: okezone.com dan pendidikan-diy.go.id


Blog, Updated at: 6:15 AM

2 comments:

Cari Info Tulis di Sini

---------------------------------

---------------------------------

RADIO ELSHINTA

Live Streaming Radio Elshinta

---------------------------------

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

CEK SKTP

CB