PEMERINTAHAN JOKOWI NAIKKAN GAJI POKOK PNS 2015 PLUS TAMBAHAN TUNJANGAN KINERJA

Posted by INFO PUBLIK on Friday, December 12, 2014



Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah Jokowi akan tetap menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 6 persen (6%) tahun depan 2015 yang akan datang. Anggaran kenaikan gaji PNS 2015 tersebut sudah masuk dalam APBN 2015.

Bambang juga menjelaskan bahwa pemerintah juga memperhatikan biaya hidup PNS dengan besaran inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis inflasi bulan November lalu secara tahunan mencapai 6,2 persen sehingga gaji PNS tahun 2015 wajar naik hingga 6 persen.
Gaji Pokok PNS 2013, tahun 2014 6% & 2015 Naik ?

“Ya tetap lah, itu kan menyesuaikan dengan biaya hidup, inflasi,” kata Bambang di Istana Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/12).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menilai, kenaikan gaji PNS didasari oleh kinerja yang tercantum dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) dapat menghapus kenaikan gaji 6 persen di 2015.
Gaji Pokok PNS 2014, tahun 2015 direncanakan naik 6%


Namun, Bambang menepis pernyataan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  tersebut. Ia menjelaskan, kenaikan gaji PNS memiliki 2 kategori yakni kategori pokok dan kategori tunjangan kinerja. “Ada kenaikan berdasarkan inflasi, ada yang kenaikan berdasarkan kinerja, dibedakan. Ada yang pokok ada yang sifatnya tunjangan kinerja. 

Sumber: Merdeka.com




Blog, Updated at: 10:51 PM

38 comments:

  1. Info yang menarik, mudah-mudahan kenaikan gaji PNS 2015 bisa lebih dari 6%

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, pak Menteri yang telah merencanakan kenaikan gaji PNS tahun 2015. Cuma mau usul kalau diberlakukan tunjangan kinerja mohon diperhatikan para pegawai yang tidak punya jabatan dan pegawai fungsional

    ReplyDelete
  3. Amiin, mudah-mudahan kenaikan gaji pns di tahun 2015 dapat segera direalisasikan

    ReplyDelete
  4. inflasi 6,2 % kenaikan 6% YA MASIH MINUS. TIAP TAHUN MINUS TERUS ARTINYA SETIAP TAHUN DAYA BELI PNS MAKIN MENURUN. ????????????????????

    ReplyDelete
  5. Waahhhh.... sy tdk terima tukin, berarti hny gaji pokok yg naik. Semoga bkn hny wacana tpi memang ada penyesuaian gaji slm menyongsong inflasi.

    ReplyDelete
  6. iraha atuh " sukwan " di bere gajih anu cukup.................?..........................

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sukwan di gaji ya?

      Delete
  7. Trus gaji ke-13 masih ada ngga ya di 2015??

    ReplyDelete
  8. pak menteri bagaimana dengan gaji PNS yang telah Pensiun ikut naik 6 % juga tidak ?

    ReplyDelete
  9. gaji ke 13 bagaimana pak mentri..? tetep ada ya....!....makcih

    ReplyDelete
  10. GTT TETAP JADI KESED Z...

    ReplyDelete
  11. Mudah-mudahan kenaikan gaji PNS 2015 dan gaji ke 13 tahun 2015 tetap ada

    ReplyDelete
  12. pns dan honorer sama ko tugas dan kewajibannya, ya mbok sesekali diperhatkan toh pekerja kecil ini, kami sama ko manusia yg butuh hiduf yg layak

    ReplyDelete
  13. mau nanya itu maksud dari kolom mgk itu apa ya?

    ReplyDelete
  14. Kata si ibu mau di naikkan 400% kok cuma 6% doank.

    ReplyDelete
  15. Mungkin yang di maksud MKG = Masa Kerja Golongan

    ReplyDelete
  16. Amiin, mudajh-mudahan kenaikan Gaji PNS 2015 ini walau tak seberapa tetapi dapat membawa berkah. Berapa pun tentu harus kita syukuri.

    ReplyDelete
  17. Rezeki untuk memelihara kehidupan

    ReplyDelete
  18. Gaji saya gk naik tapi dipotong buat bayar pajak 21, itu kmana ya. Saya gk iklas.smoga gaji menteri dan dpr turun buat subsidi bbm

    ReplyDelete
  19. Kami yg pns daerah mohonbdi perhatikan juga! Terutama daerah2 yg tdk memilki sda yg banyak

    ReplyDelete
  20. 6%.... kalo yg gaji pokok nya 2juta, berarti naiknya 120.000. Alhamdulillah bisa bikin rumah. Meskipun hanya rumah.....aapa ya..??

    ReplyDelete
  21. apa tidak perlu pertimbangan lagi tentang gaji ini, sebab biaya hidup tiap daerah berbeda-beda bahkan ada yang mencapai 300% perbedaannya. dengan patokan gaji yang sama seluruh indonesia, apakah perlu rolling antar daerah bagi semua pegawai agar sama-sama merasakan bekerja di daerah yang standar gaji dan di daerah yang 300% tadi

    ReplyDelete
  22. Terima Kasih atas perhatiannya Pak Menteritetapi jangan lupa Gaji Kami yang golongan dua berkisar antara Rp. 2,4 s-d 2,6 Jt. sudah termasuk tunjangan. Jangan hanya guru saja yang gajinya diperhatikan ( ada sertifikasi ) kami juga tolong diperhatikan pak. karena sekarang gaji guru bisa 2x gaji kami.

    ReplyDelete
  23. Ada yang tau perbedaan PNS di negara kita dengan PNS LN.
    Kalau PNS di LN baru bisa mikir gimana caranya dari BUMI ke BULAN, namun jika PNS di negara qt sudah merasakan perjalanan dari BULAN ke BULAN.
    Why...................??????????

    ReplyDelete
  24. gaji naik 6% tetapi kinerja tetep atau malah minus lol

    true story

    ReplyDelete
  25. makin gede aja ya gaji PNS ditahun 2015 ini , naik hingga 6% :D

    ReplyDelete
  26. Bukan kenaikan 6% itu, nilai nominal naik tapi nilai riilnya bahkan turun. Kalau pemerintah mau mensejahterakan PNS ukuranya gampang. Setiap PNS bisa menyekolahkan anaknya hingga PTN (saja), berapa itu biayanya baru dibuat kebutuhan riil untuk penggajian PNS.

    ReplyDelete
  27. Meski kenaikan gaji PNS dibawah inflasi, tapi ya... harus selalu bersyukur dalam segala hal, kiranya kenaikan tersebut menjadikan berkat, Amin..

    ReplyDelete
  28. Kenaikkan gaji melange merupakan kabar gembira ... tetapi harus diimbangi dengan pemerintah mengontrol harga barang ... percuma sj gaji hanya naik 6 % harga barang naik kelampaui gaji .... utk Kami yg di Papua di naikkan juga tunjangan Papua ....

    ReplyDelete
  29. terimalah nasibmu nak jadi PNS, kalau jujur mau makan apa, trus kalau korupsi mau dihukum

    ReplyDelete
  30. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  31. setuju kenaikan gaji bagi PNS thn 2015, tetapi adakah rencana 2016 akan ada kenaikan lagi? mdh2an bukan hanya sekedar kenaikan 6 % aja,, pemerintah hendaknya jg memperhatikan aspek resesi akibat dampak penurunan nilai tukar rupiah kita.

    ReplyDelete

Cari Info Tulis di Sini

---------------------------------

---------------------------------

RADIO ELSHINTA

Live Streaming Radio Elshinta

---------------------------------

---------------------------------

Statistik Pengunjung

---------------------------------

CEK SKTP

CB