KODOK IJO YANG BIKIN HEBOH

Posted By Aina Mulyana on Thursday, December 11, 2014 | 10:23 PM



Kodok Ijo Bikin Heboh di dunia maya khususnya bagi pengguna BBM. Display Picture (DP) Pengguna BBM di Indonesia mendadak berubah menjadi kodok berwarna hijau yang sering disebut dengan `Kodok Ijo`. Kodok ijo tersebut digambarkan menggunakan kacamata dan tersenyum. Ternyata bukan tanpa alasan pengguna BBM memasang foto tersebut di display picture mereka. 



Menurut Wikipedia, Kodok Ijo ialah sejenis katak yang banyak hidup di sawah-sawah, rawa, parit dan selokan, sampai ke rawa-rawa bakau. Orang Jawa menyebutnya sebagai kodok ijo, karena banyak juga di antaranya yang berwarna kehijauan. Lalu Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kodok ijo yang nongol di DP (Display Picture) BBM itu? Ternyata kodok ijo itu adalah sebuah hukuman. Dari berbagai komentar yang ada di forum online, hukuman ini sendiri diperuntukkan bagi mereka yang salah menjawab sebuah teka-teki yang sangat mudah. "Ada seekor kodok hijau yang masih tidur pas jam 7 pagi, eh ada yang ngetok pintu kamar-nya sebanyak 7 kali. Dan Tadaa! Itu temen si kodok yang mau buatin surprise sarapan pagi berupa beberapa kotak-kotak kado berisi makanan-makanan kesukaan si kodok. Tujuannya sih mau makan bareng gitu. Di sana ada nuttela, keju, cokelat, roti dan nasi goreng, susu, dan lalat hidup. Menurut kamu, apa yang harus dibuka duluan oleh si kodok?"


Apabila tak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Pengguna BBM diharuskan memasang foto si Kodok Ijo selama 24 jam. Pengguna Internet (netizen) menyarankan untuk menjawab pertanyaan dengan “mata”. Jawaban ini diyakini adalah yang paling tepat. Namun, ada pula yang menjawab “pintu”.Sayangnya, kedua jawaban itu bisa saja tetap disalahkan. Pasalnya, pengirim pesan berantai itu biasanya iseng dan tetap akan menyalahkan orang yang menjawab dengan dua jawaban tersebut.


Seorang blogger menyebut ini hanyalah trik dari pengirim pesan agar pengguna BBM ramai-ramai memasang foto DP kodok ijo. Jadi bila Anda menjawab “mata” atau “pintu” dan tetap disalahkan, jangan mau ganti DP BBM!


Banyak tanggapan terkait Fenomena Kodok Ijo di DP BBM tersebut. Ada yang menanggapi positif,  ada pula yang menanggapi negatif. Mereka yang menanggapi positif dengan sportif memasang foto tersebut saat jawaban mereka salah dengan alasan untuk fun saja. Sementara yang tidak menyukai permainan tersebut menanggapi permainan tersebut terlalu kekanak-kanakkan.

Fenomena Kodok Ijo sebenarnya merupakan bentuk kekuatan penyebaran secara viral. Mereka yang mendapatkan pesan berantai tersebut, akan terpengaruh dan mengikuti tantangan. Viral marketing sangat efektif untuk menyebarkan informasi secara cepat.


Sumber berita: http://citizen6.liputan6.com/ http://www.solopos.com/


Blog, Updated at: 10:23 PM

0 comments:

Post a Comment

-----------------------------------------