SELURUH PNS ATAU PEGAWAI ASN AKAN DITES NARKOBA

Posted By Aina Mulyana on Sunday, November 9, 2014 | 9:02 AM

Dalam rangka  meningkatkan komitmennya dalam memerangi bahaya narkoba, khususnya di lingkungan birokrasi pemerintah.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi berencana akan mewajibkan seluruh PNS atau aparatur sipil Negara (ASN) melakukan pemeriksaan atau tes narkoba. “Kami akan membuat Memorandum of Understanding agar BNN turun langsung mengecek  seluruh PNS atau ASN di semua tingkatan,” ujar Yuddy saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Selasa (04/11).

Menteri menambahkan, nota kesepahaman itu akan diikuti dengan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) agar BNN memeriksa kesehatan terkait penggunaan narkoba dan psikotropika semua PNS atau ASN. Dalam waktu dekat, Kementerian PANRB akan bekerja sama dengan BNN dan tim operasional teknisnya untuk mengetes pegawai Kementerian PANRB. “Tes urin, tes sel rambut, darah atau semua yang dibutuhkan,” tegas Yuddy. Selain itu, Yuddy mewajibkan seluruh instansi yang melakukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk melakukan tes bebas narkoba bagi peserta seleksi.

Menpan menyatakan bahwa PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memakai narkoba akan ditindak tegas, Ia menyatakan jika ada PNS atau ASN yang mengonsumsi narkoba dan jenis lainnya akan dikenakan tindakan administratif. Namun Yuddy meminta agar BNN melakukan rehabilitasi dan pembinaan jika ada aparatur yang terbukti menggunakan narkoba. Tidak semua orang yang terlibat kasus narkoba harus dikenakan hukum pidana, tetapi ada upaya pembinaan.


Sumber: Menpan.go,id


Blog, Updated at: 9:02 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------