REALISASI PENYALURAN DAN PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI GURU ATAU TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TRIWULAN 3 DAN 4 TAHUN 2014

Posted By Aina Mulyana on Saturday, October 25, 2014 | 10:22 AM

Berdasarkan informasi dari Subbag Keuangan dinas pendidikan dan DPKPA (Dinas Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset) Kabupaten Pandeglang, penyaluran Tunjangan Profesi Guru atau tunjangan sertifikasi guru triwulan 3 tahun 2014 untuk Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten dipastikan mulai hari Senin tanggal 27 Oktober 2014. Berdasarkan info tersebut, bagi guru yang SKTP-nya sudah terbit tunjangan profesi guru atau sertifikasi triwulan 3 tahun 2014 sudah masuk di rekening masing-masing guru, sedangan bagi yang SKTPnya belum selesai akan menunggu penerbitan SKTP. Oleh karena itu, bagi yang bermasalah dengan peneriban SKTP, segela lakukan sinkronisasi Dapodik. 

Informasi tersebut menunjukkan keseriusan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam pengelolaan dana sertifikasi guru. Sebagaimana kita ketahui di tahun 2014 ini, Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah melaksanakan Penyaluran dan Pencairan Tunjangan Profesi Guru atau Tunjangan Sertifikasi Guru tepat waktu. Pada Penyaluran dan Pencairan Tunjangan Profesi Guru atau Tunjangan Sertifikasi Guru triwulan I misalnya dana tunjangan profesi / sertifikai guru sudah masuk di rekening guru pada bulan April 2014, Begitu pula untuk triwulan 2 juga telah disalurkan pada bulan Juli 2014 yang lalu, sedangkan untuk triwulan 3 akan disalurkan mulai tanggal 27 oktober 2014.

Langkah ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor : 61/PMK.07/2014. Berdasarkan pasal 5, PMK Nomor : 61/PMK.07/2014 tentang Pedoman umum dan alokasi tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah kepada Daerah provinsi, Kabupaten dan Kota tahun Anggaran 2014, dinyatakan Pemerintah Daerah melaksanakan pembayaran atau Pencairan Tunjangan Profesi (TP) atau Sertifikasi guru PNS kepada masing-masing guru setelah diterima di rekening kas Umum Daerah secara triwulanan, yaitu:
1. Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Triwulan 1 ( I ) paling lambat pada bulan April 2014; 
2. Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Triwulan 2 ( II ) paling lambat pada bulan Juli 2014; 
3. Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Triwulan 3 ( III ) paling lambat pada bulan Oktober 2014; 
4. Pencairan Tunjangan Profesi / sertifikasi Triwulan 4 ( IV ) paling lambat pada bulan Desember 2014. 

Bagi Anda yang membutuhkan PMK Nomor 61/PMK.07/2014 tentang Pedoman umum dan alokasi tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah kepada Daerah provinsi, Kabupaten dan Kota tahun Anggaran 2014 silahkan klik link download di bawah ini


Setelah adanya PMK Nomor 61/PMK.07/2014 tersebut guru sebaiknya segera mengecek penerbitan SK Tunjangan Profesi (SKTP), karena SKTP menjadi dasar pencairan tunjangan profesi. SKTP yang mulai tahun ini diterbitkan 2 kali dalam setahun diberikan kepada guru yang telah bersertifikat pendidikan yang telah memenuhi kewajiban mengajar minimal 24 jam pada mata pelajaran yang linear (dapat juga 24 jam mengajar dengan tugas tambahan yang ekuivalen dengan jam mengajar). Mata Pelajaran Linear dalam istilah SKTP atau dapodik adalah kesesuaian antara bidang studi saat sertifikasi dengan mata pelajaran atau bidang studi yang diajarkan (diampu) dalam proses pembelajaran di sekolah. 

Untuk membantu guru mengecek data guru pada Cek / Validasi Data Guru dan mengecek sudah atau belum diterbitkannya SKTP berikut ini saya berikan link untuk pengecekan.




Blog, Updated at: 10:22 AM

1 comments:

----------------------------------------------