PENYELESAIAN HONORER K2 YANG TIDAK LULUS SELEKSI CPNS

Posted By Aina Mulyana on Tuesday, September 30, 2014 | 9:33 AM



Forum Honorer Kategori Dua Indonesia (FHK2I) sebaiknya tidak merasa bahwa perjuangannya sudah membawa hasil. Hal ini karena Penyelesaian honorer kategori dua (K2) yang tidak lulus tes belum ada kepastian. Sebagaimana diketahui MenPAN-RB Azwar Abubakar berjanji Honorer K2 yang lulus tapi bodong akan digantikan posisinya oleh honorer tidak lulus tes tapi asli. Jika janji ini direalisasikan hampir sebagian besar honorer kategori dua (K2) belum dapat diangkat CPNS karena jumlah tenaga honorer kategori dua (K2) yang bodong sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah tenaga honorer kategori dua (K2) yang tidak lulus tes.


Lebih dari itu, pergantian honorer kategori dua (K2) bodong dengan yang asli yang rencana akan dimulai bulan Oktober 2014 tidak semudah yang diharapkan. Sebagaimana diinformasikan dalam berbagai media Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pelaksana teknis masih tetap berpegang pada koridor hukum yang ada yang mensyaratkan bahwa yang diangkat CPNS adalah honorer K2 yang lulus tes

Dalam penyelesaian tenaga honorer kategori dua (K2), BKN berpegangan pada PP 48 Tahun 2005 dan PP 56 Tahun 2012. Berdasarkan kedua atuaran tersebut menjadi pengikat bagi pemerintah dalam menyelesaikan honorer tertinggal khususnya kategori dua (K2). Di mana disebutkan dalam PP 56, yang diangkat CPNS adalah honorer K2 yang lulus tes.

"Kalau honorer K2 yang tidak lulus tes diangkat sama saja tabrak aturan dan itu termasuk tindakan pidana," tegasnya. Kepala BKN Eko Sutrisno. Selama belum ada PP baru, BKN tidak berani memproses honorer K2 yang tidak lulus tes, sekalipun benar-benar mengabdi di bawah tahun 2005.

Yang diharapkan dari seluruh tenaga honorer K2 adalah pengangkatan langsung seluruh tenaga honorer K2 yang asli secara bertahap, atau setidaknya  diberikannya kembali kesempatan mengikuti Seleksi Honerer K2 khusus bagi mereka yang tidak lulus tes atau seleksi. Mudah-mudahan dapat direalisasikan. Amiin.
Blog, Updated at: 9:33 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------