Cara memproteksi Dokumen Word Agar tidak dapat dicopy dan diedit ok

Cara memproteksi Dokumen Word Agar tidak dapat dicopy dan diedit



Cara memproteksi Dokumen Word Agar tidak dapat dicopy dan diedit. Hampir semua orang yang biasa menggunakan komputer telah mengenal dokumen MS WORD atau office word. Pada beberapa kasus kita kadang menginginkan agar dokumen word kita dapat disharre-kan kepada orang lain namun tidak untuk di copy paste. Oleh karena itu kita perlu memproteksi dokumen yang kita buat. Tulisan ini mencoba  memberikan trik atau cara memproteksi dokumen word kita agar tidak dapat di edit atau dicopy oleh orang lain, seperti file PDF yg terproteksi. Namun menggunakan dokumen word yang diproteksi lebih banyak manfaatnya daripada merubahnya ke format pdf. Hal ini karena dengan memproteksi dokumen WORD dengan password tertentu, suatu saat ketika kita akan mengeditnya tinggal memasukkan password yang telah kita buat.


Untuk memproteksi dokumen word, pada Office 2007 dan 2010 telah disediakan sebuah tools yg bernama Restrict Formmatting and Editing, tools ini berfungsi untuk memproteksi file word dengan berbagai macam jenis proteksi.

Untuk mengakses tools Restrict Formmatting and Editing Pada Office 2007 dapat kita akses dengan mengklik TAB menu Review> Protect Document> Restrict Editing

Sedangkan pada Office 2010 dapat kita akses dengan mengklik TAB menu Review> Ribbon Protect> Restrict Editing

Untuk Anda yang akan mencobanya ikuti langkah berikut:
Pertama,
Buka sebuah file word yang telah kita buat. Akses Restrict Formmatting and Editing dengan cara di atas. Setelah Tools dibuka maka akan muncul task panel Restrict formating and Editing disebelah kanan dokumen

Kedua,
Setelah terbuka akan terlihat form seperti gambar di bawah ini



Selanjutnya Centang atau ceklist Allow Only this type of editing in the document :

Ketiga,
Pada options dibawahnya pilih Filling in Forms.



Keempat,
Kemudian Klik Yes, Star Enforcing Protection.


Pada jendela yang muncul, isi password yang di inginkan. Jika selesai lihat hasilnya, dan jangan lupa save. Sekarang dokumen kita sudah terproteksi.

Demikian informasi tentang Cara memproteksi Dokumen Word Agar tidak dapat dicopy dan diedit. Terima kaasih kepada Anda yang telah membaca artikel ini  semoga bermanfaat.


=====================


= Baca Juga =



5 Comments

Previous Post Next Post