10 TIPS MENINGGALKAN RUMAH SAAT MUDIK

Posted By Aina Mulyana on Sunday, July 20, 2014 | 1:04 AM

Belakangan banyak pemberitaan ketidaknyaman saat rumah ditinggalkan oleh pemiliknya untuk mudik ke kampung halaman. Ada berita mengenai kebakaran rumah yang terjadi saat mudik lebaran. Kebakaran tersebut banyak dipicu akibat kurang hati-hati dan waspada saat meninggalkan rumah.  Tak hanya itu, meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama juga beresiko terjadinya pencurian jika kita tidak mengantisipasinya dengan baik.
Agar hal-hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya, saat meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama agar rumah aman saat ditinggal mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran Anda bias  mengikuti tips-tips berikut ini, agar dapat meninggalkan rumah dengan hati tenang:

1. Pastikan rumah terkunci
Sebelum mudik, pastikan seluruh rumah terkunci. Jika perlu, tambahkan kunci ganda untuk menghindari pencurian. Jangan meninggalkan kunci rumah cadangan di bawah pot, keset atau tempat-tempat tertentu.

2. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah sedang kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Misalnya, jika berlangganan koran, dengan meminta loper koran untuk tidak mengirimkan koran selama mudik.Tujuannya supaya tidak terlihat tumpukan koran di halaman yang menunjukkan bahwa rumah dalam keadaan kosong.

3. Cabut selang gas dan kompor
Meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama ada baiknya Anda mencabut selang gas dan kompor untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran.

4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan untuk menghindari hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran

5. Usahakanlah agar lampu rumah tidak dalam keadaan menyala terus selama pergi. Bila perlu, pasang timer atau lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan pengaturan waktu tertentu sesuai keinginan. Selain itu, bisa juga dengan meletakkan sandal atau sepatu di depan pintu rumah.

6. Berkoordinasi dengan RT/ RW setempat
Sebelum mudik, pastikan Anda telah berkoordinasi dengan RT/ RW setempat setidaknya memberikan kabar bahwa Anda dan keluarga meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama.

7. Titipkan rumah pada tetangga yang dipercaya
Jika tetangga atau Satpam perumahan Anda tidak mudik, tak ada salahnya Anda menitipkan rumah Anda pada tetangga. Minta nomor teleponnya agar bisa tetap berkomunikasi.

8. Selama mudik, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank.

9. Pasang alarm
Meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama memang sangat berbahaya jika kita tidak mengantisipasi segala hal.Ada baiknya Anda memasang alarm untuk menghindari masuknya penjahat ke lingkungan rumah Anda.

10. Bila diperlukan, pasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah seperti halaman rumah, ruang tamu dan ruang tidur.
Blog, Updated at: 1:04 AM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------------------