TES CPNS TAHUN 2014 100% DILAKUKAN SECARA ONLINE

Posted By Aina Mulyana on Thursday, May 29, 2014 | 9:38 AM

Tes CPNS 2014
Sebagiamana dirilis dalam website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tes CPNS Tahun 2014 seratus persen ( 100% ) akan menggunakan Computer Assisted Test atau CAT. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan “Kalau sebelumnya, tes CPNS sebagian besar masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer, tes CPNS tahun 2014 ini seratus persen ( 100% ) akan menggunakan Computer Assisted Test atau CAT,” tutur Azwar. Dengan cara demikian peserta dapat melihat langsung hasilnya setelah tes dilakukan.

Dalam kuliah umum di FISIP UNDIP Semarang, Senin  tanggal 26 mei 2014,  MenpanRB menjelaskan bahwa rekrutmen CPNS maupun penempatan pegawai dalam jabatan merupakan dua hal yang menjadi pemicu reformasi birokrasi. Kementerian PANRB telah mengeluarkan kebijakan penerimaan CPNS yang transparan, akuntabel, jujur, dan tanpa biaya.

Menpan menyatakan  bahwa dengan cara yang bersih dalam penerimaan CPNS, pemerintah akan mendapatkan kader-kader terbaik PNS dari lulusan perguruan tinggi yang terbaik. Pada saat yang sama Pemerintah akan mendapatkan kepercayaan masyarakat, terutama para generasi muda, bahwa Pemerintah telah berlaku adil dalam penerimaan CPNS. Selain itu juga mendorong generasi muda untuk belajar sungguh-sungguh, karena mereka punya harapan untuk diperlakukan adil oleh Pemerintah.

Pada kesempatan itu, Menteri memaparkan tentang pengertian dan pentingnya gerakan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik oleh aparatur negara dalam kerangka tujuan reformasi birokrasi yaitu mewujudkan aparatur yang bersih, kompeten, dan melayani. Dikatakan, reformasi birokrasi bukan merupakan perubahan yang ekstrim, juga bukan merupakan yang perlahan-lahan. Reformasi birokrasi merupakan perubahan yang dinamis dan terukur dari resiko keberhasilan dan kegagalan, untuk suatu perubahan yang dicita-citakan. “Gerakan reformasi birokrasi harus didukung oleh semua lapisan, agar pelayanan publik bisa bergerak cepat, mudah, pasti, murah dan dapat dipertanggungjawabkan,” imbuh Azwar. (sumber http://www.menpan.go.id/berita-terkini/2475-tahun-2014-tes-cpns-100-gunakan-cat)


Blog, Updated at: 9:38 AM

1 comments:

  1. Seleksi CPNS dengan sistem ini memang baik. Namun, gemana untuk pemda/pemkab yang tidak siap dengan sistem komputerisasi ini

    ReplyDelete

----------------------------------------------