PENGUMUMAN KELULUSAN UJIAN NASIONAL SMA/SMK/MA/MAK TAHUN 2014

Posted By Aina Mulyana on Monday, May 19, 2014 | 9:43 AM

Kelulusan Ujian Nasional  (UN) 2014
Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA/MAK tahun pelajaran 2014 telah diumumkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh hari ini, Senin (19/05/2014). Tingkat kelulusan SMA mencapai 99,52 persen, sedangkan tingkat kelulusan SMK mencapai 99,90 persen. Mendikbud mengatakan, bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus UN, dapat mengikuti ujian Paket C untuk mendapatkan ijazah sehingga tetap dapat meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sedangkan pembagian pengumuman kepada siswa peserta Ujian Nasional SMA/SMK/MA/MAK akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2014. Hal isi sesuai dengan peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0022/P/BSNP/XI/2013 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTs, SMP-LB, SMA/MA, SMA-LB, SMK/MA-Kejuruan, Serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014, Pengumuman Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA, SMA-LB, SMK/MA-Kejuruan, Serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan pada 20 Mei 2014. 

Pada jumpa pers di Gedung Ki Hajar Dewantara Kemdikbud, Jakarta, (19/05/2014) seperti dirilis dalam website resmi Kemdikbud, Mendikbud menjelaskan, dalam UN 2014, sebanyak 7.811 siswa SMA dan 1.159 siswa SMK dinyatakan tidak lulus. Namun ia mengatakan mereka tidak perlu berkecil hati, karena mereka dapat mengikuti ujian Paket C yang akan berlangsung pada Agustus mendatang.

Lebih lanjut Mendikbud mengatakan "Saya juga cukup sedih dan prihatin, ada yang belum lulus. Tapi harus tetap semangat, karena masih bisa ikut ujian Paket C periode ke-2 Agustus nanti. Semangatlah!" ujarnya usai jumpa pers.

Siswa yang tidak lulus UN, jelasnya, memang tidak bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), yang saat ini proses pendaftarannya sedang berlangsung. Namun ijazah hasil ujian Paket C tersebut dapat digunakan untuk mendaftar dalam ujian mandiri yang diselenggarakan perguruan tinggi negeri, atau seleksi masuk di perguruan tinggi swasta. Ijazah Paket C juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan yang mensyaratkan kualifikasi pendidikan lulusan SMA/SMK.


Blog, Updated at: 9:43 AM

1 comments:

  1. Masalahnya selalu terlambat memberikan ijazah paket C. Jadi sama saja siswa tidak bisa diterima di perguruan tinggi gara-gara urusan ijazah.
    sebenarnya apakah masalahnya sehingga pembagian ijazah selalu terlambat?

    ReplyDelete

----------------------------------------------