LOMBA PENULISAN BEST PRACTICE BAGI PENGAWAS SMA SMK TAHUN 2014

Posted By Aina Mulyana on Thursday, May 15, 2014 | 9:38 AM


Untuk  mendorong dan memfasilitasi  pengawas  sekolah  pendidikan menengah menuliskan   dan   mempublikasikan pengalaman terbaiknya  dalam melaksanakan sub - sub unsur kegiatan   di atas, maka diadakanlah kegiatan penulisan pengalaman terbaik (best  practice)  pengawas  sekolah dikmen (Pengawas SMA/SMK).  Oleh karena  itu diperlukan  adanya  Pedoman  Lomba  Penulisan  Best Practice  yang berisi informasi tentang   latar belakang, tujuan,   manfaat, sasaran,  prosedur dan persyaratan dalam penulisan pengalaman terbaik pengawas  sekolah dikmen dalam melaksanakan kegiatan kepengawasan.
Tujuan penyusunan pedoman lomba  penulisan pengalaman terbaik  (best  practice)   bagi pengawas sekolah dikmen (pengawas SMA dan SMK) dalam melaksanakan kegiatan kepengawasan (sub - sub unsur kegiatan pengawas sekolah)  adalah  untuk:
1. Menyediakan rambu- rambu bagi  pengawas sekolah dikmen  yang berkeinginan  menuliskan pengalaman terbaiknya dalam melaksanakan  kegiatan kepengawasan (sub - sub unsur kegiatan  pengawas sekolah),
2. Mengarahkan pengawas sekolah dalam   menulis pengalaman terbaiknya,   melaksanakan kegiatan kepengawasan   sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan, dan
3. Membantu pengawas  sekolah  dalam  mengidentifikasi kegiatan pengawasan sebagai bahan penulisan pengalaman  terbaiknya   selama  melaksanakan  tugas pengawasan. 
Penulis atau  penyaji yang lolos penilaian tahap pertama akan memperoleh kesempatan mengikuti presentasi di tingkat nasional, sehingga dapat mendengarkan dan berdiskusi tentang pengalamaan terbaik dari pengawas sekolah dari berbagai da erah seluruh Indonesia. Penyaji terbaik pada kegiatan   lomba   Pengalaman Terbaik (Best Practice)   tingkat nasional  akan memperoleh hadiah yang berupa sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya. 
Adapun ketentuan menuliskan pengalaman terbaik dalam melaksanakan kegiatan  kepengawasan adalah sebagai berikut :
1. Diketik maksimal 15 halaman  A4  (pendahuluan maksimal 3 halaman,  best practice  maksimal 7 halaman, rencana pengembangan   maksimal 4 halaman, kesimpulan   dan saran 1 halaman), spasi 1,5,  Huruf  Arial   ukuran  12 pt, tepi  kiri 4 cm,  k anan 3 cm,  atas  3  cm, dan  bawah 3 cm .
2. Naskah dijilid rapi dengan menggunakan soft cover  berwarna Biru  dan format sesuai dengan yang tersaji dalam lam piran. Semua lampiran, harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
3.       Kerangka Isi
•  Bagian Awal  terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan,  kata pengantar, daftar isi,  abstrak atau ringkasan, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran (bila ada).
•   Bagian Isi  memuat: (a) pendahuluan: berisikan tentang latar belakang timbulnya masalah, pendekatan penyelesaian masalah, tujuan, dan manfaat; (b) langkah- langkah atau cara- cara dalam memecahkan masalah , termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi  yang dituangkan secara rinci, dan (2)  alat dan atau instrumen yang digunakan, tempat dan waktu serta lembaga yang menunjang pelaksanaan; (3) hasil yang dicapai; dan  (4) simpulan dan  saran.
•   Bagian Penutup  memuat  daftar pustaka dan lampiran - lampiran tentang semua data yang
dipakai untuk menunjang tulisan ini. 

Persyaratan Peserta
1.   Peserta Penulisan ini adalah  Pengawas  Sekolah Pendidikan Menengah (SMA/SMK). 
2.   Penulisan laporan Best Practice   dilakukan perorangan .  

Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia : 
1. Naskah tulisan  sebanyak  2 (dua) eksemplar  dan  print -out  power  point   untuk pemaparan .
2. Naskah sajian ( print - out) presentasi yang berupa ta yangan  power  point , dengan jumlah slide sekitar 1 0-20  buah, untuk presentasi disediakan waktu  maksimal10  menit.
3. CD yang berisi naskah   lengka p  dalam format  MS. Word  dan naskah presentasi dalam  format  MS. PowerPoint .
 Pengiriman  Naskah Tulisan  Best Practice
1.    Naskah  yang telah selesai (dan   telah  mendapat pengesahan)  beserta CD- nya   dikirimkan ke alamat  berikut:
PANITIA PENULISAN BEST PRACTICE PENGAWAS 
Subdit Program dan Evaluasi 
Direktorat Pembinaan PTK Pendidikan Menengah
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12 
Jalan Jenderal Sudirman ,  Pintu 1 Senayan, Jakarta

2. Berkas   laporan paling lambat  telah  dikirim   kepada panitia pada tanggal 29 Agustus  201 4  (cap pos). 
3. Pengiriman  dilakukan melalui  pos atau jasa pengiriman lainnya dan  dilakukan oleh pengawas yang bersangkutan, tidak melalui  Dinas Pendidikan atau yang lain.
Bagi peserta yang lolos  dalam Penilaian Tahap Pertama (Penilaian Dokumentasi) akan menpunyai kesempatan mengikuti presentasi tingkat nasional

LINK DOWNLOAD LOMBA PENULISAN  BEST PRACTICE PENGAWAS SEKOLAH DALAM PELAKSANAANTUGAS KEPENGAWASAN BAGI PENGAWAS SMA/SMK

Blog, Updated at: 9:38 AM

1 comments:

  1. Mohon info kapan pengumuman best practice guru dan pengawas sekolah 2015?

    ReplyDelete

----------------------------------------------