LOMBA PENULISAN BEST PRACTICE BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2014

Posted By Aina Mulyana on Thursday, May 15, 2014 | 9:44 AM

Lomba Best Practice 2014
Dalam   meningkatkan motivasi  dan kompetensi  guru dalam mempublikasikan pengalaman terbaiknya, maka diadakanlah kegiatan  lomba   penulisan  Best Practice   bagi guru SMA/SMK.   Karena  itu diperlukan  adanya  Pedoman Pelaksanaan Lomba Penulisan Best Practice Guru SMA/SMK dalam Pembelajaran di Sekolah.
Kegiatan penulisan  Best Practice bagi guru SMA/SMK ini bertujuan: 
1. Meningkatkan  motivasi  dan kompetensi   guru untuk menuliskan  best practice  dalam bentuk publikasi ilmiah , 
2. Menyebarluaskan hasil   tulisan pengalaman terbaik guru, melalui berbagai media dan kegiatan yang lain (seminar, lokakarya ,   dan lain- lain), agar terjadi  penambahan wawasan bagi guru  yang lain  agar menjadi guru yang  profesional , dan
3. Membantu guru dalam melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  melalui penulisan publikasi ilmiah yang berupa Tinjauan Ilmiah bidang pembelajaran yang berisi ungkapan  pengalaman terbaik   dalam melaksanakan tugas - tugas nya.  Kegiatan penulisan  Best Practice   ini bertujuan: 
Penulis  yang lolos penilaian tahap pertama akan memperoleh kesempatan  diundang di Jakarta untuk mengikuti presentasi tingkat nasional,  sehingga dapat mendengarkan dan berdiskusi tentang pengalamaan terbaik dari   guru yang berasal dari  berbagai daerah seluruh Indonesia. Penyaji terbaik pada kegiatan   lomba   Pengalaman Terbaik (Best Practice)   tingkat nasional  akan memperoleh hadiah
yang berupa  sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya .

Persyaratan Peserta
1.       Peserta Penulisan ini adalah guru pendidikan menengah (SMA, SMK)
2.       Penulisan laporan  Best Practice  dilakukan perorangan.  

C.   Penulisan 
1. Diketik maksimal 15 halaman A4  (pendahuluan maksimal 3 halaman,  best practice  maksimal 7 halaman, rencana pengembangan maksimal 4 halaman, kesimpulan   dan saran 1 halaman), spasi 1,5,  Huruf  Time New Roman  ukuran  12 pt,  batas tepi /margin  kiri 4 cm,  kanan 3 cm,  atas  3  cm, dan bawah 3 cm .
2.       Naskah dijilid   rapi   dengan menggunakan sampul  soft cover  berwarna  HIJAU   dan format sesuai dengan yang  tersaji  dalam lampiran. Semua lampiran  harus dijilid  menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah). 
3.   Kerangka Isi
•  Bagian Awal  terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan,  kata pengantar, daftar isi,  abstrak atau ringkasan, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran (bila ada).
•   Bagian Isi  memuat: (a) pendahuluan: berisikan tentang latar belakang timbulnya masalah, pendekatan penyelesaian masalah, tujuan, dan manfaat; (b) langkah- langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi  yang dituangkan secara rinci, alat dan/atau instrumen yang digunakan, tempat dan waktu serta lembaga yang menunjang pelaksanaan; ( c) hasi l yang dicapai; dan ( d) simpulan dan Saran. 
•  Bagian Penutup berisi  daftar pustaka dan lampiran - lampiran tentang semua data yang dipakai untuk menunjang tulisan ini. 

Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia : 
1. Laporan tertulis  sebanyak  2 (dua) eksemplar.
2. Naskah sajian ( print - out) presenta si yang berupa ta yangan  Power   Point , dengan jumlah slide sekitar 10- 20  buah, untuk presentasi  disediakan waktu maksimal  10 menit.
3. CD yang berisi laporan lengkap   dalam format  MS. Word, dan juga berisi  naskah presentasi dalam format MS.  PowerPoint .

Laporan  yang telah selesai  (telah mendapat persetujuan/pengesahan) beserta CD   dikirimkan ke alamat   berikut :
PANITIA PENULISAN BEST  PRACTICE GURU 
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Pendidikan Menengah
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12 
Jalan Jenderal Sudirman ,  Pintu 1 Senayan, Jakarta 

Berkas   laporan paling lambat  telah  dikirim   kepada panitia  pada tanggal  29  Agustus  201 4  (cap pos)
Pengiriman  dilakukan melalui  jasa pengiriman  dan dilakukan oleh guru yang bersangkutan, tidak melalui sekolah atau yang lain.  Bagi peserta yang lolos  dalam Penilaian Tahap Pertama (Penilaian Dokumentasi) akan menpunyai kesempatan mengikuti presentasi tingkat nasional




Blog, Updated at: 9:44 AM

8 comments:

  1. terima ksih infonya. Insya Allah saya akan mencoba mengikuti Lomba Best Practice guru sma thn ini

    ReplyDelete
  2. Tanks, klu untuk SMP ada nggak lomba best practise?

    ReplyDelete
  3. Untuk lomba best practice guru SMP saya belum dapat info. Namun guru SMP bisa mengikuti lomba lainnya, yakni LKG yang diselenggrakan Dirjen Dikdas, LKIG yang diselenggrakan LIPI

    ReplyDelete
  4. ini boleh untuk guru Madrasah Aliyah? atau dibatasi sekolah yg dinaungi diknas aja?

    ReplyDelete
  5. Setahu saya memang kegiatan ini hanya utk sekolah yang berada dlm lingkup kemdikbud, krn biasanya kemenag punya kegiatan tersendiri.

    ReplyDelete
  6. Ibu, kira-kira kapan pengumumannya ya?

    ReplyDelete
  7. ibu saya adalah guru yng mencoba berpartisipasi dalam lomba.untuk pengumuman lewat apa dan kapan?? kbetulan tempat tugas saya susah untuk mengakses informasi

    ReplyDelete
  8. ibu ..saya sovfan,s.pd dari pesawaran lampung yang ikut best practice tahun 2014 ini, saya juga yag menanyakan teknis pengumuman di atas,ternyata saya masuk peserta yang diundang utk desiminasi ke jakarta.tapi sayngnya undangan bru nyampe lewat post tgl 30 oktober 2014 kmaren krena sekolah kami terpencil,sedangkan kegiatan desiminasi dilaksanakan tgl 7-9 oktober kmren. utk itumhon kedepanya undangan dikirim lewat emai atau online saja, kna selama ini saya menunggu undangan di email atau online ternyata lewat pos yang semua wilayah belum tentu mudah dlm pengiriman ke lokasi seperti yang saya alami hingga hampir butuh 1 bulan utk sampai. terimakasi atas perhatianya....

    ReplyDelete

----------------------------------------------