AYO IKUT LOMBA KREATIFITAS GURU (LKG) TINGKAT NASIONAL TAHUN 2014

Posted By Aina Mulyana on Sunday, March 23, 2014 | 6:05 AM

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Peningkatan Mutu Pendidikan (BPSDMPK PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada tahun 2014 ini kembali menyelenggarakan Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional Tahun 2014 sebagai salah satu upaya meningkatkan profesionalitas guru. Adapaun tema LKG tahun 2014 ini bertema “Kreatifitas dan Inovasi Membuat Pembelajaran Lebih Berkualitas”.
Kegiatan ini memperlombakan Hasil penelitian Eksperimen, hasil penelitian tindakan kelas, atau hasil pengembangan model, kegiatan  Best practice pembelajaran: serta karya inovatif yang digunakan dalam pembelajaran (lihat brosur)

TUJUAN LOMBA TUJUAN LOMBA
1.      Memotivasi dan menginspirasi guru untuk menemukan atau menciptakan model-model pembelajaran terbaik.
2.      Meningkatkan dan mengembangkan minat, bakat, kebiasaan dan budaya guru dalam melakukan karya tulis ilmiah atau karya inovatif secara baik dan benar, sebagai salah satu kegiatan dari pengembangan profesi guru.
3.      Mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran (best practice) sebagai referensi bagi guru lainnya dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas.
4.      Meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta media lainnya yang berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran.

KETENTUAN LOMBA
Adapaun Ketentuan Lomba adalah sbb:
1.      Bersifat Perorangan
2.      Hasil karya inovatif guru dalam pembelajaran sesuai mapel yang diajarkan dan lingkup lomba (biasanya berupa Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Laporan Kegiatan Pembelajaran)
3.      Isi Naskah Lomba
- Upaya guru dalam meningkatan kualitas pembelajaran
- Pengalaman nyata yang berhasil meningkatan kualitas pembelajaran
4.      Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya lomba
5.      Persyaratan Administratif
- Pernyataan keaslian hasil tulisan
- Bio data peserta
- SK Pengakatan Pertama (SK CPNS untuk PNS) dan SK dari yayasan untuk Non PNS
- Lembaran pengesahan dari Kepala Sekolah
6.      Naskah lomba dikirim pada panitia dengan ketentuan
- Diketik dengan menggunakan A4, 1,5 spasi dengan hurup Time New Roman
- Dijilid dan diberi sampul
Warna Hijau untuk Guru TK
Warna Merah untuk Guru SD
Warna Biru untuk Guru SMP
Warna Kuning untuk guru SMA
Warna Merah Muda untuk guru SMK
Warna Putih untuk TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB
-  Kerangka Penulisan Naskah Lomba terlampir dalam lampiran (Lihat brosur)
- Wajib disertai Softcopy dan rekaman Audio (VCD)
- Pada pojok kiri atas ditulis “LOMBA KREATIVIITASS GURU TAHUN 2014”


Persyaratan Peserta Persyaratan Peserta Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta di bawah pembinaan Kemdikbud. Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 4 tahun sebagai guru PNS atau No n PNS (GTY dan Honorer pada sekolah negeri yang diangkat oleh pejabat yang berwenang). Belum pernah menjadi pemenang I, II, III pada Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional dalam 5 tahun terakhir.

Waktu Pelaksanaan Waktu Pelaksanaan Naskah lomba dikirim sejak tanggal 2 Mei 2014 sampai dengan 30 September 2014 yang ditujukan kepada :
Panitia Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional Tahun 2014 Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, BPSDMPK PMP Kemdikbud Komplek Kemdikbud Gedung D Lantai 14 Jl. Jendral Sudirman Pintu I Senayan Jakarta Pusat Tlp. 021-57974124 Email : lkg2014@pusbangprodik.org Website: phttp://pusbangprodik.org

Penerimaan naskah lomba paling lambat tanggal 30 September 2014 (Cap Pos) Penilaian naskah akan dilakukan pada pertengahan bulan Oktober 2014 Pengumuman finalis pada akhir bulan Oktober 2014. Pemanggilan finalis dan penetapan pemenang pada bulan November 2014

Hadiah dan Penghargaan Hadiah dan Penghargaan Total hadiah bagi pemenang tingkat nasional beserta finalis adalah Rp. 427.000.000,-
Pajak hadiah ditanggung pemenang dan finalis. Pemenang tingkat nasional menerima piagam penghargaan dari Mendikbud. Finalis menerima piagam penghargaan dari Kepala BPSDMPK PMP. Ruang Lingkup Lomba Ruang Lingkup Lomba Hasil penelitian eksperimen, PTK atau pengembangan model tentang kegiatan pembelajara n yang telah dilaksanakan guru dikelas dan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Best Practice kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan bidang studi yang diampu.

Karya inovatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran berupa : Penerapan teknologi tepat guna. Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum Menciptakan dan atau mengembangkan karya seni sesuai dengan bidang studi yang diampu. Jadi tunggu apa lagi, bagi bapak/ibu guru yang memiliki ide-ide kreatif dan telah memberikan hasil nyata dalam peningkatan mutu pembelajaran, manfaatkan kesempatan ini agar ide-ide kreatif kita dapat bermanfaat dan dapat diterapkan disekolah-sekolah lainnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sekaligus sebagai ajang pembuktian kompetensi dan kreatifitas. Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh brosur Lomba Kreatifitas Guru (LKG) Tingkat Nasional Tahun 2014 pada link berikut ini:


Blog, Updated at: 6:05 AM

3 comments:

----------------------------------------------