GAJI KE-13 TAHUN 2014 TETAP AKAN DIBAYARKAN

Posted By Aina Mulyana on Friday, February 28, 2014 | 6:16 PM




Seperti tahun sebelumnya, pada tahun 2014 Pemerintah juga tetap berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur negara, baik PNS maupun TNI dan Polri, serta para pensiunannya. Hal sebaigaimana disampaiakan Presiden SBY dalam pidato penyampaian RUU APBN 2014. Pada pidato tersebut Presiden SBY menyatakan bahwa “Pemerintah insya Allah, akan mempertahankan pemberian gaji dan pensiun bulan ke-13, yang kita bayarkan pada pertengahan tahun anggaran. Selain itu, Pemerintah merencanakan penyesuaian gaji pokok PNS serta anggota TNI dan Polri sebesar 6 persen, dan pensiun pokok sebesar 4 persen untuk mengantisipasi laju inflasi”.

Selain itu, Presiden sebagaimana diberitakan dalam http://www.harianhaluan.com juga mengatakan, pemerintah berupaya untuk terus meningkatkan kualitas belanja negara secara menyeluruh yang adakan dilakukan dengan cara: Pertama, mempertajam alokasi belanja untuk mendukung pembangunan infra­struktur, penciptaan kesempatan kerja, dan pengentasan kemiskinan. Alokasi belanja juga diarahkan agar mendukung pembangunan yang inklusif, berkelanjutan dan ramah lingkungan. Kedua, melakukan penghematan terhadap kegiatan-kegiatan yang kurang produktif, seperti biaya perjalanan dinas, kegiatan rapat kerja, workshop, seminar, dan kegiatan yang sejenis. Ketiga, menyempurnakan kebi­jakan subsidi, di antaranya dengan mengubah secara bertahap sistem subsidi, dari subsidi harga menjadi subsidi yang lebih tepat sasaran. Keempat, memperluas pelak­sanaan reformasi birokrasi. Hal ini dilakukan melalui penataan orga­nisasi, penyempurnaan proses bisnis, dan peningkatan kualitas serta kompetensi sumber daya manusia. Tentu semua itu juga harus didu­kung dengan pemberian remunerasi yang lebih baik. Kelima, menerapkan sistem reward dan punishment dalam pengalokasian anggaran. Bagi Kementerian Negara dan Lembaga serta daerah yang dapat mengelola anggaran dengan baik, akan dibe­rikan tambahan alokasi anggaran. Sebaliknya, alokasi anggaran akan dipotong untuk Kementerian dan Lembaga serta daerah yang tak mampu mencapai sasaran. 

Selain tetap mempertahan kerberadaan gaji ke-13 pada tahun 2014. Pemerintah berencana menaikan gaji PNS, TNI dan Polri tahun 2014 sebesar 6%, kenaikan pensiun pokok sebesar 4%. Serta mengusulkan kenaikan tunjangan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di pulau-pulau terluar Indonesia. maksimal 150 persen dari gaji pokok.

BACA ARTIKEL PP KENAIKAN GAJI PNS TAHUN 2014 AKHIRNYA DITERBITKAN, Klik Di sini

Blog, Updated at: 6:16 PM

48 comments:

  1. kapan kenaikan gaji yang 6% itu bang? ampe sekarang belum ada realisasinya...

    ReplyDelete
  2. Kenaikan gaji thn ini masih menunggu PP yang sampai saat ini belum diterbitkan. Mudah-mudahan kenaikan gaji tahun ini dpt dilaksanakan

    ReplyDelete
  3. Kami masih menunggu realisasi....... dan kalau Pemerintah benar2 berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan PNS, mestinya kenaikan gaji yg diberikan bukan 6% sesuai dengan angka inflasi, tapi minimal 2 kali angka inflasi atau 12% karena kenyataannya harga2 barang naik jauh diatas angka inflasi tsb. gimana nih pemerintah ?

    ReplyDelete
  4. bagi saya lebih baik si pns pensiun diberi saja pesangon, dengan pertimbangan APBN tak menderita berkepanjangan, uang negara dari pada ditilep sikoruptor dinegeri koruptor tak ada jaminan pemerintah baru 2014 yad negeri bebas dari korup

    ReplyDelete
  5. kenaikan gaji pns 6% .ya ngirit lah pns e buanyak banget

    ReplyDelete
  6. Duh....... Udah hampir pertengahan tahun, tp ky' nya gak terelisasi tuh yg 6 %............ Kapaaaaannnn????????

    ReplyDelete
  7. Amin..semoga benar2 teralisasi, berapapun kenaikannya jk kita syukuri InsyaAlloh akan dilipatgandakan oleh Alloh...tp jk kita kufur ya tinggal tuggu azabnya sj..smogq kita trmasuk gol.hambaNya yg pandai bersyukur...Amin..

    ReplyDelete
  8. Gaji ke 13 akan di bayar pada pertengahan tahun ini,brarti sekitar juni-juli.kita tggu saja ya...

    ReplyDelete
  9. Gaji buruh naeknya lbh besar drpd gaji pns,kbtuhan hdup yo mahal.gni ae yo blm terealisasi.gt koq bnyak yg ngiri sama pns.ga pas bgt kalo naeknya cm 6%.wong jd pns dulu sekolah yo mahal

    ReplyDelete
  10. Gaji kita udh minus terus tiap blnnya, tapi sampai skrg kenaikannya blm terlaksana, diperquick dong...!

    ReplyDelete
  11. Kenaikan Gaji PNS saja belum jelas, PNS Tingkat Kabupaten anak tiri hanya PNS Tingkat Pusat yang jadi anak emas, PNS Kabupaten Tidak tahu apa itu Remunerasi, apa itu uang makan dsb, maklum berada di posisi instansi tidak penting, di kiranya PNS Kabupaten itu tuli dan buta, dasar ketidak adilan sudah mengakar kebijakan pemerintah pusat apa itu, Contohnya kami PNS di Kabupaten gaji dan tunjangan kami seluruhnya 3.700.000 kita perhitungkan dengan kebutuhan PNS untuk makan saja misalnya satu orang PNS 10.000 satu orang Isteri 10.000 dan dua orang anak 20.000 X 3 kali makan = 120.000 x 30 hari (1 bulan ) = 3.600.000. mana untuk biaya : sewa rumah, ana-anak sekolah, listrik, pakaian dll,maka jawabannya RIBEUT BANGEUT DONG.

    ReplyDelete
  12. S7
    Buenerrrr itu.

    ReplyDelete
  13. Kapan Kenaikan Gaji PNS tahun 2014 ada Realisasinya.

    ReplyDelete
  14. Ya..mdh2an cepet terealisasi...tdk hanya wacana tetapi nyata....

    ReplyDelete
  15. untuk mensejahterakan pns gimana kalu gaji pokok minimal 3.500.000 tuk gol 1a mk 00 th ?

    ReplyDelete
  16. kayaknya ga terbayarkan..tuh....jangan ngarep yang belum pastiii...

    ReplyDelete
  17. kenaikan gaji tahunan utk papua aj smpe skrg msh ditunggu2. Org b'pkr klo gj papua gede. Apanya yg gede. Cm beda tunjangan daerah aj 500rb. Sdgkn uang mkan pns 10rb/hr. Dpt apa tuch di papua ?! Nasi bungkus aj g dpt bos. Ditambah biaya hdp yg super duper mahal. Apalagi skrg otonomi daerah lbh parah. Jd klo org mkr pns papua gaji gede, SALAH BESAR !!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ngeluh sperti nak kecil semua...

      Delete
  18. Setidaknya gaji pns minimal 5jt... apabila pns telah sejahtera,, otomatis yg lain juga ikut sejahtera.. karena kebanyakan pns bergaya kehidupan yg konsumtif.. walau demikian tidak ada salahnya kalau pns juga harus lebih disiplin, lebih aktif dan lebih produktif, jika mereka malas cabut saja SKnya..

    ReplyDelete
  19. Terserah kpn dibayarnya, asalkan tetep thn ini and pemerintah gak cuma ngomong doang alias bohong.

    ReplyDelete
  20. bapak cepatlah buatkan PPnya kenaikan gaji, jika berikan kami informasinya.. apa alsannya...? biar kami juga paham...

    ReplyDelete
  21. Kenaikan gaji gak jadi lg sibuk kampanye semua..

    ReplyDelete
  22. inilah bukti buruknya birokrasi indonesia..mknya SBY dan demokrat tak dipercaya lg

    ReplyDelete
  23. MENGAPA SUDAH BULAN JUNI KENAIKAN GAJI PNS YANG DIRENCANAKAN PRESIDEN SBY BELUM TEREALISASI,MENGAPA OH MENGAPA ?

    ReplyDelete
  24. Moga aja bulan Juni ada kabar baik, yang anak-anak sekolah pa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maklum aja kan sby nya sekarang tidak nyapres lagi

      Delete
  25. Nunggu Pilpres selesai, uangnya buat gaji panitia pemilu semua

    ReplyDelete
  26. Skrg sdh tgl 3 Juni 2014, sampai kapan kita hrs menunggu ???

    ReplyDelete
  27. mari belajar bersyukur dam memaksimlkan yang minimal

    ReplyDelete
  28. Kapan pak SBY di cairkan?

    ReplyDelete
  29. tunjangan kinerja PNS kok pembayarannya sulit sekali , jadi diberi atau tidak.

    ReplyDelete
  30. PNS...! OH...! PNS....!!!! ^_^

    ReplyDelete
  31. Harusnya klu mmg ng' naik , jgn diumumkan dulu, ini gaji belum naik, harga kebutuhan pokok sudah melambung tinggi.

    ReplyDelete
  32. alhamdulillah sudah keluar PP no.34 tahun 2014 ttg kenaikan gaji PNS tahun 2014.... :)

    ReplyDelete
  33. sabar aja jadi PNS yang penting kerja aja dulu semaksimal mungkin. kalo udah kerja maksimal kan dibayar maksimal juga harapannya. tapi kalo ga dibayar cukup semua pegawai cari kerja lain ja yuk rame-rame kan pemerintah jadi bingun jrenggggg ga ada pegawai

    ReplyDelete
  34. Gue yg gak PNS aja msh tetap bersyukur..(Brsyukurlah,maka Nikmat akn di tambah)

    ReplyDelete
  35. PP 34 uda keluar mks, untuk gaji 13 th 2014 mohon tidak telat lg, kami pegawai rendahan sangat mengharapkan itu tuk kebutuhan anak sekolah, yg berwenang tolong segera diteken SE nya mks.

    ReplyDelete
  36. Kapan kami2 Чª♌ğ di daerah ini dapat juga menikmati uang remunirasi jgn kami di anak tirikan terus,padahal kami2 inilah Чª♌ğ langsung melayani masyarakat setiap hari....

    ReplyDelete
  37. Gaji ke 13 th 2014 akan di bayar pertengahan bulan Juni 2014. kami ucapkan terima kasih.
    Dengan ini kami ingin mengajukan pertanyan juga usulan. :
    1. Mengapa kenaikan gaji pansiun 4% dan PNS aktif 6% ? Menurut pendapat saya seharusnya, kenaikan gaji pansiun lebih tinggi dari PNS aktif.
    dasarny :
    1. Mereka para pansiun sudah lulus sebagai abdi negara walaupun dengan gaji seadanya tidak pernah mengeluh dan berbuat yg melanggar aturan atau KOde Etik Korpri atau Sumpah Jabatan sbg. PNS. Sehungga mereka layak diberikan tunjangan pansiun.
    2. Selama mengabdi sudah membayar iuran/ premi TASPEN ( Tabungan Pansiun ) dg baik. Mana sumbangan / Jasa tabungan tsb. dari PT TASPEN.

    Kami pada sisa usia masih ingin sejahtera. utamanya dalam menjaga biaya pemeliharaan Kesehatan. Program Jaminan Kesehatan daerah blm bs berjalan sesuai dengan harapan. perlu pengawasan dan pembenahan dalam memberikan pelayananya.

    Demikian bagi yg berwenang maohon untuk di jadikan bahan pertimbangan dalam pelaksanaan tindak lanjut usulan kami.

    ReplyDelete
  38. Mana realisasinya......apa mau di bayar dengan..uang jepang...YEN,...Yen Ono...Yen Ra lali, Yen Kelingan....

    ReplyDelete
  39. kl ngandelin gaji pasti ga akan cukup bos..3,5jt habis buat biaya makan + operasional sehari2. jd kita harus kreatif mencari peluang usaha lain yg bs bikin kita sejahtera.

    ReplyDelete
  40. gaji 3,5 jt mah udah gede gimana swasta seperti buruh ga ngiri, gaji pns aja segede gitu masih merasa kurang blm klw udah pensiun tetep terima uang , udah ga ada pun masih terima buruh atw pegawai swasta mana dapet

    ReplyDelete
  41. harus disyukuri gaji 3,5 jt mah udah gede kalau dihitung per hari PNS itu digaji seratus ribu lebih lho....

    ReplyDelete
  42. Jgan tnyakn afa yg tlh dbrikan negara fadamu.tfi tnyakn afa yg tlh kau smbangkn kfda bangsamu

    ReplyDelete
  43. iya mas, tapi gimana buat kami2 yg gol.I & II ini, masalahnya buat beli bensin aja terasa buener mas .........!!!!

    ReplyDelete

----------------------------------------------